Kekurangan SDM jadi Kendala Pemanfaatan Informasi Geospasial

MUS • Friday, 29 Oct 2021 - 18:23 WIB

Jakarta - Sampai saat ini Informasi Geospasial masih cukup asing dan kurang sosialisasi bagi masyarakat Indonesia. Ketua Dewan Juri Bhumandala Award 2021, Heri Sutanta mengatakan, Informasi Geospasial sebenarnya telah digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 

"Mungkin tanpa disadari ketika kita memesan ojek online, ketika kita memakai aplikasi di hp ketika ingin pergi dan mencari arah ini sebenarnya sudah menggunakan Informasi Geospasial. Peta digital yang kita gunakan merupakan Informasi Geospasial," kata Heri dalam Talkshow Spesial Live Broadcast "Penghargaan Bhumandala 2021" Trijaya Networks, Jumat (29/10/2021).

Di sisi lain, masyarakat dinilai tetap membutuhkan data resmi dari pemerintah sehingga harus menggunakan Informasi Geospasial. Menurut Heri, semua wilayah di Indonesia sangat penting untuk memanfaatkan Informasi Geospasial, meskipun setiap daerah pasti memiliki kendalanya masing-masing.

"Kendalanya ada pada lokasi geografis kita, tergantung luas wilayah suatu daerah yang ada di Indonesia," ujar Heri. 

Selain itu biaya dan ketersediaan sumber daya manusia juga menjadi kendala pemanfaatan Informasi Geospasial. Masih belum banyak masyarakat yang berlatarbelakang pendidikan di bidang Geospasial seperti geografi dan geomatika, yang berada di dalam pemerintahan daerah. (EVIN)