Badan Informasi Geospasial Gelar Bhumandala Award 2021

ANP • Friday, 29 Oct 2021 - 17:42 WIB

JAKARTA - Badan Informasi Geospasial (BIG) menggelar Bhumandala Award 2021. Penghargaan ini akan diberikan kepada pemerintah daerah yang memanfaatkan infomasi geospasial, maupun insan kreatif yang menggunakan informasi geospasial untuk masyarakat luas.

Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial BIG, Sumaryono mengatakan, Bumandhala Award 2021 merupakan puncak penghargaan pemerintah daerah, baik kabupaten/ kota di Indonesia. Selain itu, bagi para kreatif yang telah memanfaatkan informasi geospasial

"Ini adalah puncak penghargaan kita kepada para kreatif ya yang bisa memanfaatkan informasi geospasial untuk mendukung tugas fungsi mereka masing-masing dan ini menjadi trigger ya bagi masyarakat luas nanti, tentu bumandhala ini akan kita perluas tidak hanya untuk daerah kota, kabupaten provinsi saja tetapi untuk masyarakat luas juga nanti," tegas Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial BIG, Sumaryono dalam diskusi MNC Trijaya, di Jakarta, Jumat (29/10/2021).

Menurutnya, pemenang award tersebut aalah mereka yang dapat menciptakan kreatifitas informasi geospasial terbaik.

"Jadi siapapun bisa memenangkan award ini yang mereka bisa menciptakan kreatifitas terbaik dalam informasi geospasial. Geospatial data atau data is more valuable than oil, siapa yang menguasai data dia yang memenangkan persaingan, the king of data adalah geospasial why not? Nah itulah nanti kita akan terus menggaungkan terus. Moga-moga ini menjadi pemantik," katanya.

Sumaryono mengatakan, penghargaan kali ini untuk pemerintah daerah. Ia mengakui, ada lima elemen penilaian untuk bisa meraih yang terbaik, yaitu dari segi kebijakan, kelembagaan, teknologi, aplikasi, sumber daya manusia dan data standarnya.

"Itu dalam penyelenggaraan. Tapi dalam inovasi juga kita lihat juga bagaimana fungsionalitasnya, bagaimana impact nya. Dari Bontang ini kan impactnya langsung menyentuh masyarakat disabilitas, itu kan luar biasa ya. Jadi resources kepada masyarakat yang paling margin itu diperhatikan kalau ga ada datanya ini gimana, ini membuka mata kita betapa kalau menguasai informasi dan teknologi ini itu akan membuat kita lebih berdaya," katanya.

Pihaknya berharap melalui Bhumandala Award 2021, masyarakat menjadi paham terkait informasi geospasial.

"Masyarakat semakin aware dan semakin paham, apa yang tadi dikatakan sebagai elitis, scientific masyarakat paham. Kita sudah menggunakan aplikasi-aplikasi online baik map, maupun untuk mendapatkan informasi kemana arah perjalanan kita, tentunya membantu masyarakat untuk aware," tegasnya. (ANP)