KOPTAN Sejahtera Binaan PERINDO SUMUT Tanam Perdana 45 ribu Bibit Porang

FAZ • Friday, 29 Oct 2021 - 07:38 WIB

Jakarta - Partai Perindo Wilayah Sumatera Utara bersama Kelompok Tani Sejahtera (KOPTAN) binaan Perindo meresmikan kegiatan penanaman bibit porang perdana siang tadi di Desa Sidodadi, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Acara penanaman perdana 45 ribu bibit porang dihadiri dan diresmikan oleh Ketua DPW Partai Perindo Sumut, Ir Rudi Zulham Hasibuan dan di hadiri pengurus wilayah diantaranya Sekretaris Wilayah Donna J, Siagian, Wakil Ketua Organisasi Iskandar, Wakil Ketua Kader Anggota dan Saksi, Budianta Tarigan, Ketua Perindo Kabupaten Deli Serdang yang juga anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang Gunung Siagian beserta jajaran pengurus Deli Serdang, Ketua Pusat Koperasi Petani Porang Intelektual (KPPI) Indonesia, Muspriadi dan Sekteraris KPPI Pusat, Paskali Sitompul, Ketua Kelompok Tani Sejahtera, Tanjung beserta puluhan anggota KOPTAN Sejahtera.

Dalam sambutannya Ketua KOPTAN Sejahtera, Tanjung menyampaikan ucapan terima kasih kepada Partai Perindo Sumut yang telah membina dan membantu Koptan Sejahtera sehingga terlaksana penanaman 45 ribu bibit porang di luas tanah 1 hektar.

Sementara itu, Sekretaris Jendral  Kelompok Koperasi Petani Porang Intelektual (KPPI) Pusat, Paskalis Sintompul mengatakan, menyambut baik usaha Partai Perindo Sumut membantu petani berkebun porang. Paskalis mengatakan potensi bisnis tanam porang sangat besar, apalagi Presiden Jokowi pernah menyatakan akan menjadikan Indonesia sebagai lumbung porang.

Paskalis mengungkapkan keuntungan yang didapat dalam menanam porang bisa sampai ratusan juta setiap kali panen.

Paskalis menambahkan harga porang perkilo 2021 semakin tinggi dan menjadi peluang usaha yang menggiurkan pada saat ini. Permintaan ekspor porang yang tak sedikit menambah tinggi harga porang perkilo 2021.

Paskalis megatakan Harga porang yang memiliki nama latin (Amorphophallus mueleri blume) saat ini bisa mencapai 300 ribu rupiah perkilogram untuk umbi porang dan bahkan untuk buah/bunga porang mencapai 1,5 juta per kilogramnya untuk harga porang perkilo 2021.

Dalam sambutannya Ketua Partai Perindo Sumut, Ir. Rudi Zulham Hasibuan mengatakan sektor usaha penanaman porang adalah salah satu upaya Partai Perindo dalam mensejahterakan rakyat terutama petani. Membina kelompok tani adalah sebagai wujud kepedulian Partai Perindo kepada sektor pertanian.

Rudi juga menambahkan ini merupakan sejarah dimana Partai Perindo Sumut di Indonesia membangun dan membina kelompok tani porang. Hal ini sebagai pemicu dan pemacu kader dan pengurus partai perindo di wilayah Sumut untuk membangun kekuatan dan kedaulatan disektor pertanian.
Kedepannya, Rudi menambahkan Partai Perindo Sumut menjadi percontohan dan menjadi pelopor pembudidayaan tanaman porang dan visinya Sumut menjadi lumbung porang.
Sehingga sesuai dengan komitmen Partai Perindo Sumut yaitu pemberdayaan ekonomi kader dan pengurus dapat terwujud salah satunya dengan bertanam porang.