Tebar 3 Ribu Benih Nila, Sahabat Ganjar Bantu Masyarakat Sekitar Sungai Serayu

ANP • Wednesday, 27 Oct 2021 - 10:36 WIB

WONOSOBO - Sahabat Ganjar terus berupaya untuk menanamkan dan menumbuhkan semangat juang para pemuda. Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke-93 dan Hut Ganjar Pranowo ke-53, kali ini Sahabat Ganjar melakukan syukuran dan juga aksi sosialnya untuk membantu masyarakat dan memperbaiki ekosistem sungai, Rabu (27/10/2021).

Aksi Sahabat Ganjar pada hari Rabu 27 Oktober 2021 diawali di Kec. Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sebanyak 3000 benih ikan nila ditebar Sahabat Ganjar bersama warga di sekitar Sungai Serayu. 

Penebaran 3000 benih ikan nila ini dilakukan sebagai upaya Sahabat Ganjar untuk memperbaiki ekosistem sungai sekaligus juga diharapkan dapat menambah penghasilan ekonomi warga sekitar.

Kemudian dilanjutkan dengan pembagian 500 sembako untuk warga kelurahan Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. Pembagian sembako ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat Dieng Kulon yang terkena dampak dari pandemi COVID-19.

Ketua Umum DPP Sahabat Ganjar A. Jaka Saptana menyebut kegiatan ini untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dan HUT Ganjar Pranowo.

"Kegiatan hari ini sebagai pembuka dalam peringatan Sumpah Pemuda dan Ulang Tahun Bapak Ganjar Pranowo yang bertepan pada esok hari, maka dalam pra kegiatan tersebut hari ini kami ingin memperbaiki ekosistem Sungai Serayu dan membagikan bantuan berupa sembako untuk para masyarakat Dieng Kulon," sebut A. Jaka Saptana.

DPC Sahabat Ganjar Wonosobo juga menilai kegiatan ini fokus di sektor lingkungan untuk memperbaiki ekosistem hewani di Sungai Serayu. 

"Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda dan HUT Bapak Ganjar Pranowo yang jatuh pada esok hari, kami selaku Sahabat Ganjar ingin bergerak dalam memperbaiki ekositem Sungai Serayu dengan menebar benih ikan nila. Kami berharap dengan benih-benih ini dapat membantu masyarakat dalam mengkonsumsi protein hewani nantinya, dan tidak lupa kami juga memberi bantuan sembako untuk masyarakat Dieng Kulon," tutur Herli Wiatmo.

Indah CH., selaku Humas DPP Sahabat Ganjar berpendapat mengenai kegiatan ini sebagai syukuran Hari Ulang Tahun Bapak Ganjar Pranowo yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

"Hari ini sebagai pembuka kegiatan syukuran untuk memperingati HUT Bapak Ganjar Pranowo yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada besok hari, maka kami menebar ribuan benih ikan dan juga bantuan sembako untuk warga Dieng Kulon. Besok kita juga punya dua kegiatan inti yaitu Upacara Sumpah Pemuda dan doa bersama di Candi Dwarawati. Selain itu kita juga menggelar lomba permainan tradisional," sebut Indah CH.

Sebagai Pra kegiatan syukuran HUT Ganjar Pranowo dan Hari Sumpah Pemuda, Sahabat Ganjar berharap kegiatan hari ini menjadi pencetus atau contoh bagi masyarakat untuk peduli kepada ekosistem lingkungan khususnya Sungai Serayu, dan pembagian sembako untuk meringankan masyarakat di sekitar Dieng Kulon.

Kegiatan di tengah Pandemi COVID-19 ini mengharuskan Sahabat Ganjar dan masyarakat yang hadir untuk mentaati protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. (ANP)