AIIS 2021 Membangun Kolaborasi Riset dan Inovasi KA Indonesia 2045

ANP • Monday, 25 Oct 2021 - 22:01 WIB

Jakarta - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi (OR PPT) bersama Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Artifisial (KORIKA) siap menggelar Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS 2021) secara virtual pada 10-13 November 2021. AIIS 2021 merupakan kegiatan konferensi dan pameran yang menampilkan perkembangan terkini dan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial (artificial intelligence) di Indonesia.

AIIS 2021 juga menjadi ajang unjuk kemampuan komponen bangsa Indonesia pada masyarakat global dalam mengembangkan teknologi kecerdasan artifisial serta menunjukan berbagai produk Inovasi di bidang kecerdasan artifisial di Indonesia.  Perhelatan akbar di bidang kecerdasan artifisial ini digelar menyusul kesuksesan Artificial Intelligence Summit 2020 (AIS 2020).

AIIS 2021 dikemas dalam platform website yang berisi tampilan booth 3 dimensi dan tampilan produk. Pengunjung dapat bernavigasi, berjalan menyusuri lorong dan mengunjungi booth, menyerupai kegiatan nyata pada pameran konvensional. Selain itu, peserta pameran dan sponsor dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung untuk memberikan edukasi dan memperkenalkan produk dan solusi teknologi berbasis kecerdasan artifisial.

Tak hanya itu, dalam AISS 2021, juga akan menampilkan  capaian penguasaan dan pemanfaatan teknologi AI yang didukung oleh KORIKA yang  merupakan organisasi orkestrator yang berbentuk perkumpulan untuk mendorong terciptanya ekosistem untuk menumbuhkan inovasi di bidang kecerdasan artifisial. Tujuannya untuk untuk membangun dan meningkatkan ekonomi Indonesia yang selaras dengan perkembangan dunia yaitu ekonomi digital, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

AIIS 2021 yang  menghadirkan beberapa parade pameran, poster dan webinar yang dikemas secara virtual Dari berbagai principal teknologi di bidang kecerdasan artifisial, ditargetkan akan mencapai target 20 ribu participant dengan 100 virtual booth yang akan menampilkan berbagai use case atau aplikasi yang memanfaatkan AI. Pada perhelatan sebelumnya, AIS 2020 pihaknya mampu menghadirkan 10 ribu participant secara virtual.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko menyebutkan bahwa menyebutkan Indonesia telah memiliki Strategi Nasional (Stranas) Kecerdasan Artifisial 2020-2045 yang menjadi tonggak penerapan teknologi kecerdasan artifisal di Indonesia. Stranas Kecerdasan Artifisial merupakan upaya Indonesia untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi terkini, khususnya AI, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai sektor.

Handoko menyampaikan bahwa BRIN mendukung percepatan penguasaan AI untuk pemanfaatan di berbagai sektor strategis. Teknologi Artificial Intelligence akan digunakan dalam mendukung sektor-sektor strategis seperti pertanian, efisiensi energi, keamanan siber dan industri kreatif.

Ketua Umum KORIKA, Hammam Riza menjelaskan, bahwa KORIKA merupakan amanah dari Stranas Kecerdasan Artifisial yang diluncurkan pada 10 Agustus 2020 yang menjadi salah satu pilar utama kebangkitan kecerdasan artifisial di Indonesia. “Kita ingin menjadikan KORIKA sebagai organisasi yang gesit, terpercaya dalam mewujudkan ekosistem kolaborasi percepatan penerapan kecerdasan artifisial menuju visi Indonesia 2045,” lanjutnya.

Menurut Hammam, kehadiran KORIKA dalam event AIIS 2021 akan semakin kuat orkestrasi quadruple helix yang terdiri dari akademisi/peneliti, kalangan bisnis, pemerintah, dan komunitas masyarakat. Dalam AIIS 2021, pihaknya akan mempertemukan supply and demand, antara seseorang atau perusahaan yang membutuhkan solusi AI dengan developer yang mengembangkan berbagai aplikasi AI.

Founder KORIKA, Bambang Brodjonegoro meyakini keterlibatan berbagai aktor dalam quadruple helix merupakan salah satu solusi untuk mempercepat terjadinya inovasi, termasuk di bidang kecerdasan artifisial yang sudah ada di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, Indonesia tidak bisa berdiam diri hanya menjadi market.

Bambang berharap AIIS 2021 bisa mempercepat transformasi digital dan mempercepat adaptasi kita terhadap revolusi industri 4.0. Ia mengajak semua kalangan masyarakat, termasuk mahasiswa dan pelajar untuk bergabung dalam AIIS 2021 yang digelar virtual. “Pelajari pengalaman menggunakan AI dan pahami bagaimana AI akan memperngaruhi hidup kita di masa depan,” imbuhnya.

“Kita ingin Indonesia dengan 270 juta penduduk punya kemampuan untuk mengembangkan kecerdasan artifisial ini sesuai dengan kebutuhan kita sendiri,” lanjut  Bambang.

Pada saat yang sama, kita harus mendeteksi kebutuhan masyakat Indonesia, kemampuan akademisi/periset dalam menghasilkan teknologi berbasis kecerdasan artifisial, bagaimana pemerintah membuat regulasi yang mendukung pengembangan kecerdasan artifisial, serta kelompok masyarakat (society) yang harus terlibat.  “Disitulah KORIKA akan berupaya menjadi fasilitator yang kita harapkan membuat masyarakat Indonesia adaptif dengan AI dan tidak tergagap-gagap. yang paling penting, kita tidak hanya pasif menjadi market dan lebih banyak memakai produk AI dari luar,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia menerangkan  bahwa Huawei Indonesia  mendukung sepenuhnya upaya mempercepat perkembangan implementasi kecerdasan buatan (AI) melalui Korika dan AI Innovation Summit ini dalam rangka Indonesia mewujudkan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial (AI) untuk mendorong AI menjadi salah satu penggerak utama pertumbuhan ekonomi digital Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

“Melalui alih pengetahuan, pengalaman, dan praktik baik di berbagai negara, Huawei berkomitmen mendukung pembinaan talenta digital yang berkualitas tinggi di bidang AI sebagai bagian dari upaya mencetak 100 ribu SDM Indonesia cakap digital sebagai fondasi untuk tranformasi Indonesia menjadi kekuatan ekonomi global berbasis inovasi,” imbuhnya.

Meidy Fitranto, CO Founder dan CEO Nodeflux mengatakan, Stranas Kecerdasan Artifisial disusun berdasarkan hasil diskusi Kelompok Kerja (Pokja) yang mewakili quadruple helix. Salah satunya, Nodeflux, start up AI asli Indonesia telah menghasilkan beragam produk AI seperti Smart City dan pengenalan wajah.

“Pendekatan yang dia ambil adalah mencoba mengundang banyak pihak dari quadruple Helix untuk bisa merembug bareng agar pandangan-pandangannya lebih multiperspektif dan lebih holistik sehingga kita bisa melihat sebenarnya tantangan dan kebutuhan AI di Indonesia seperti apa,” tutur Meidy.

Meiditomo Sutyarjoko, Ketua Panitia AIIS2021 berharap Keberadaan Stranas Kecerdasan Artifisial bisa mendorong perkembangan AI di Indonesia. Ide utama dari Stranas Kecerdasan Artifisial adalah memindahkan poros government driven menuju ke demand driven melalui kolaborasi. Karena itu, dari Stranas Kecerdasan Artifsial kemudian dibentuk Pusat Inovasi Kecerdasan Artifisial (PIKA) yang kemudian melahirkan KORIKA. Selanjutnya KORIKA yang akan menjaga orkestrasi kolaborasi inovasi kecerdasan artifisial.

 

Dukung AI Innovation Summit 2021

Direktur Digital Business Telkom Indonesia M. Fajrin Rasyidmenyampaikan  bahwaPT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), sebagai perusahaaan telekomunikasi terdepan milik bangsa mendukung terselenggaranya AI Innovation Summit 2021. Kegiatan  ini sebagai langkah nyata untuk mempercepat terwujudnya kedaulatan digital Indonesia.

Sementara itu, Direktur Digital dan Teknologi Informasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Indra Utoyo sekaligus pendiri dari KORIKA turut serta mendukung pergerakan KORIKA dalam akselerasi AI di Indonesia, sejalan dengan upaya BRI dalam mengembangkan layanan BRI BRAIN dan BRI API. Dimana BRIBRAIN sendiri merupakan platform berbasis Artificial Intelligence (AI) yang digunakan untuk menyimpan, memproses, dan mengonsolidasikan segala informasi dari berbagai sumber.  “Dengan BRIBRAIN ini, maka layanan keuangan yang dihadirkan BRI untuk nasabah dapat lebih terukur, terjaga kualitasnya, minim risiko, dan bisa diberikan dengan lebih efisien,” katanya.

On Lee, CEO & CTO GDPLabs - CTO GDP Venture mengatakan “Startup-startup AI lokal yang dibuat oleh orang Indonesia dan diperuntukkan bagi orang Indonesia memiliki peran khusus dalam membantu Indonesia bertransformasi menjadi “Indonesia 4.0". Masyarakat Indonesia patut bangga bisa membuat startup AI berbasis salah satu teknologi baru tercanggih di dunia. AI akan membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memposisikan kita dengan baik untuk masa depan dunia baru di hadapan kita.”

Sedangkan Benny Kusuma, Country Head Neo4j Indonesia menambahkan, "Neo4j sangat terkesan dengan arahan AI pemerintah Indonesia dan sebagai pemimpin di Graph Data Platform, kami sangat senang untuk mendukung inisiatif yang sangat baik ini."

Lebih lanjut Benny Kusuma menambahkan, Graph Data Platform adalah blok bangunan fundamental dalam AI karena menyediakan konteks untuk proses pengambilan keputusan. Graph menawarkan peningkatan efisiensi bagi organisasi, dengan kemampuannya dalam menghubungkan data sehingga data terhubung dengan berbagai tingkat pemisahan dan mudah dianalisis dalam skala besar.  “Kami senang pemerintah Indonesia telah mengakui kekuatan Platform Data Grafik Neo4j dan acara ini menandai awal dari hubungan kerja yang lebih erat di tahun baru dan seterusnya," kata Benny. (ANP)