Ada Pemerintah yang Selalu Siap Memfasilitasi Anak-anak Korban Musibah Covid-19

MUS • Saturday, 23 Oct 2021 - 00:39 WIB

Kendari - Dampak pandemi covid-19 yang melanda di Indonesia sangat besar mempengaruhi seluruh sektor kehidupan, bahkan sektor pendidikan. Sehingga untuk hal itu, Pemerintah harus memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan anak, terlebih kepada mereka yang menjadi yatim akibat pandemi Covid-19. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy, dalam kunjungannya di Kota Kendari juga meminta agar pendidikan anak Yatim Piatu korban Covid-19 di wilayah Kota Kendari bisa dijamin oleh Pemerintah.  

Hal tersebut diungkapkannya saat bersilaturahmi bersama Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, bersama dengan anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu yang orangtuanya meninggal akibat Covid-19. Kegiatan tersebut berlangsung di Rujab Wali Kita Kendari, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan, Jumat (22/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Menko PMK juga memberikan bantuan pendidikan, serta sumbangan peralatan sekolah seperti tas, buku dan alat tulis lainnya ditambah sejumlah uang kepada 29 anak korban musibah Covid-19. 
"Saya harus memastikan bahwa masa depan mereka terjamin, tidak boleh terlantar setelah ditinggal meninggal orangtuanya, baik salah satu maupun kedua-duanya. Untuk itu, semua anak yatim, piatu maupun yatim piatu yang ditinggal meninggal akibat Covid-19 itu harus mendapatkan Kartu Indonesia Pintar." ujarnya.

Menko PMK juga meminta Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pendidikan secepatnya bertindak agar anak-anak tersebut segera mendapatkan Kartu Indonesia Pintar sesuai arahan Presiden. 

Sementara itu, Wali Kota Sulkarnain Kadir kepada awak media menyampaikan bahwa pemerintah Kota Kendari turut berpartisipasi bersama Baznas Kota Kendari  memberikan bantuan kepada masing-masing anak sebesar 1 juta rupiah. 

"Saya tau ini tidak cukup, tetapi paling tidak ini memberikan motivasi kepada mereka agar tetap bersemangat menjalani kehidupan, dan yakin bahwa ada pemerintah yang akan selalu siap untuk memfasilitasi mereka." Ujar Wali Kota Kendari.

Demi ikhtiar kita bersatu melawan pandemi Covid-19, mari kita selalu menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan 3 M(memakai masker mencuci tangan dan menjaga jarak), dan jangan lupa mengikuti program vaksinasi agar kita terhindar dari terpaparnya Covid-19. (HenQ)