Menantu Soekarwo Calon Kuat Ketua Partai Demokrat Jatim

MUS • Friday, 22 Oct 2021 - 18:36 WIB

Surabaya - Penantian pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Jatim untuk mendapatkan ketua definitif segera terwujud.
Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Bayu Airlangga yang juga menantu Soekarwo yang saat ini menjabat Wantimpres menjadi kandidat kuat. Setelah secara resmi mendaftar ke DPP Partai Demokrat.

Pendaftaran ke DPP Partai Demokrat dilakukan Bayu Airlangga dengan berbekal dukungan dari DPC Partai Demokrat di Jatim. Ia menyerahkan 30 berkas pernyataan dukungan dari Ketua DPC Demokrat se-Jatim kepada Pengurus DPP Partai Demokrat. Selain itu,   kehadiran Bayu juga didampingi para Ketua DPC dan diterima oleh Sekretaris OKK DPP Partai Demokrat, Rocky.

Bayu Airlangga yang juga anggota DPRD Jawa Timur  menyampaikan bahwa kedatangannya dalam rangka menyerahkan berkas dukungan sebagai syarat pendaftaran.

"Saya didampingi Ketua-Ketua DPC yang telah memberikan dukungan," ucapnya. 

Pada kesempatan tersebut, Rocky menyampaikan, saat ini beberapa daerah telah sukses menggelar Musda. Ia memperkirakan paling lambat pelaksanaan Musda akan berlangsung pada Desember 2021 mendatang termasuk di Jatim. 

"Dari 34 DPD yang sudah melakukan Musda sampai saat ini 13 dan lanjut Lampung besok, target kita maksimal Desember 2021 Musda DPD sudah selesai semua," ujar Rocky. 

Sementara, surat pernyataan dukungan yang dibawa oleh Bayu Airlangga juga sudah dianggap sah karena sudah ditandatangani dan bermaterai oleh masing-masing Ketua DPC.

"Sehingga tidak perlu membuat surat dukungan kembali dan apabila ada yang menarik dan membuat surat dukungan ganda maka dianggap tidak sah," ungkap Sekretaris OKK.

Proses Musda nanti tak jauh beda dengan daerah lain. Ketika ada satu bakal calon yang merasa dominan didukung oleh hampir seluruh Ketua DPC mendaftarkan diri ke DPP.

Selanjutnya DPP melakukan telaah dilaporkan ke Ketum untuk pengesahan dan rekomendasi pelaksanaan Musda. Rata-rata berakhir melalui aklamasi. Bayu Airlangga sendiri telah mengantongi 30 dukungan dari 38 DPC yang ada di Jatim. Dukungan disinyalir akan terus bertambah.

"Termasuk Jatim dengan ini sudah menyerahkan berkas dukungan sebanyak 30 Ketua DPC bahkan ada dua lagi susulan surat pernyataan, maka ini sudah hampir semua dan sisa 6 DPC saja, mudah-mudahan bisa kita segera laksanakan Musda untuk Jatim," ungkapnya.

Saat ini Ketua Demokrat Jatim masih kosong, pasca ditinggalkan Soekarwo yang duduk sebagai Wantimpres. Untuk menjalankan roda kegiatan DPP Partai Demokrat menunjuk  Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jatim. (Her)