Blitar Memasuki Tahap Uji Coba Kenormalan Baru

FAZ • Tuesday, 5 Oct 2021 - 09:04 WIB

Jakarta - Setelah sekian lama berada dalam PPKM level atas, kini Blitar menjadi satu-satunya kota yang melakukan uji coba level satu.

Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso mengatakan kepada Radio MNC Trijaya dalam program Trijaya Hot Topic Pagi, Selasa (05/10/2021) bahwa Blitar akan tetap menjaga protokol kesehatan serta menggenjot vaksinasi hingga mencapai 100%.

“Vaksin di Blitar harus terus berjalan, protokol kesehatan tetap di jalani dan jangan euforia terlebih dahulu,” kata Rahmat

Meskipun Blitar pernah mencapai angka Covid-19 yang tinggi, tetapi karena kesadaran masyarakat dan bantuan Dinas kesehatan, Menteri Kesehatan serta Pemerintah Blitar, sekarang Blitar sudah mencapai pada 89 - 90 % masyarakatnya telah di vaksin. Kasus Covid-19 di Blitar telah menurun, ICU di rumah sakit sudah banyak yang kosong. Selanjutnya yang dilakukan pemerintah Blitar ialah membenarkan semua data terkait Covid-19.

“Kita kasih edukasi dan pengertian bahwa tidak mungkin kalau tidak vaksin, kita bisa turun level. Kalau level tinggi terus, ekonomi bisa ancur-ancuran, karena baru buka warung suruh tutup lagi,“ ucap Rahmat.

Blitar sudah mencapai pada titik percobaan New Normal, dimana keadaanya seperti masa sebelum Pandemi tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Pembelajaran tatap muka juga sedang di uji cobakan di beberapa sekolah, tetapi untuk aktivitas keramaian masih akan dirapatkan dengan Pemerintah Daerah.

“Garda terdepan adalah tenaga kesehatan, relawan, bapak kapolres, semua kita jadi satu lah, ga mungkin kalau tidak bersatu bisa melawan ini. Kalau memang masyarakat sudah bisa diberikan level 1, segera kembali mengembalikan perekonomian, menghimbau masyarakat, level 1,2 atau bagaimana kita harus tetapkan prokes, jangan sampai kita euforia bikin acara, ” tutup Rahmat. (GRA)