Dukung Pengembangan UMKM Indonesia, Dubes Heri Akhmadi Inisiasi Pembentukan SME Center di Tokyo

MUS • Thursday, 30 Sep 2021 - 18:51 WIB
Dukung Pengembangan UMKM Indonesia, Dubes Heri Akhmadi Inisiasi Pembentukan SME Center. Foto KBRI Tokyo

Tokyo - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama Pembentukan Small and Medium Enterprises (SME) Center di Tokyo dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Tokyo, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tokyo, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC Tokyo), Garuda Indonesia Tokyo dan Pertamina East Asia di Gedung KBRITokyo, Rabu (30/9).

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) Heri Akhmadi yang didampingi Kepala Bidang Ekonomi KBRI Tokyo, Rima Cempaka usai acara mengatakan keberadaan SME Center ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha Indonesia, khususnya UMKM Diaspora di Jepang dalam mengembangkan usahanya.

“Pasar Jepang dikenal dengan standarnya yang tinggi. Namun, jika sudah bisa masuk ke pasar Jepang, produk Indonesia dapat lebih mudah melakukan penetrasi ke pasar internasional. Pembentukan SME Center ini adalah bentuk nyata dari upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan semangat Indonesia Incorporated," tegas Dubes Heri.

BACA JUGA: KBRI Tokyo Jemput Bola Layanan Imigrasi 239 WNI di Hamamatsu Jepang

Sementara itu, pelaksana tugas General Manager BNI Tokyo Dyah Paramita menyebutkan telah menyiapkan dukungan berupa fasilitas pembiayaan kredit diaspora dan layanan perbankan yang terintegrasi. “Kantor BNI Tokyo siap untuk menjadi pusat etalase berbagai produk UMKM Indonesia yang telah siap masuk ke pasar Jepang,” ujarnya.

Kepala Kantor Perwakilan BI di Tokyo Causa Iman Karana menyampaikan komitmennya untuk membantu melakukan kurasi produk UMKM binaan Bank Indonesia sesuai dengan spesifikasi standar kualitas produk di Jepang. Melalui SME Center pelaku usaha Indonesia akan mendapatkan pemberdayaan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas produksi serta perluasan pemasaran produk melalui business match-making dengan para buyer Jepang.

Dalam kaitan ini, IIPC Tokyo akan memanfaatkan SME Center sebagai pusat informasi yang terintegrasi terkait berbagai peluang berinvestasi di Indonesia. Dukungan juga diberikan oleh Garuda Indonesia Tokyo dan Pertamina East Asia, antara lain dalam bentuk promosi maupun skema logistik pengiriman produk UMKM Indonesia ke berbagai destinasi di Jepang yang dilalui oleh rute Garuda Indonesia.

Jepang adalah mitra dagang terbesar kedua Indonesia, dengan nilai perdagangan bilateral pada semester I 2021 mencapai US$17 milyar dengan surplus Indonesia US$1,05 milyar. Sementara itu, total realisasi investasi Jepang di Indonesia dari 2015 – TW 2 2021 adalah US$26,18 milyar.

Informasi lebih lanjut kerja sama ekonomi Indonesia–Jepang dapat diakses melalui dashboard Japan Indonesia Partnership Lounge (JAIPONG) di tautan www.dashboard.kbritokyo.jp.