Ali Baal Masdar dan Prestasinya

ITK • Monday, 27 Sep 2021 - 12:12 WIB
Provinsi Sulawesi Barat

Jakarta - Gubernur Sulawesi Barat, H.M.Andi Ali Baal Masdar sukses mengukir berbagai prestasi semasa karirnya. Hal ini terungkap saat tim iNewstv melakukan pertemuan silaturahmi beberapa waktu lalu.

Dimulai saat menjabat sebagai Bupati Polewali Mandar dua periode, ia berhasil melakukan pembenahan di berbagai bidang mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, reformasi birokrasi, dan upaya peningkatan hasil perikanan, pertanian, perkebunan, dan peningkatan lahan kritis menjadi lahan hijau.

Hal yang sangat monumental yang dilakukan ABM saat menjabat sebagai Bupati Polewali Mandar Antara lain, perubahan nama Polewali Mamasa menjadi Polewali Mandar yang diiringi dengan perubahan lambang daerah. Selain itu, ABM juga pernah memimpin para bupati se-Tanah Mandar untuk berjuang dalam pembentukan Provinsi Sulawesi Barat yang salah satu tahapannya dengan kehadiran Presiden Republik Indonesia yang ke-5 Ibu Megawati Soekarno Putri.

Semasa kepemimpinan ABM, Porda Sulawesi Barat pertama Polewali Mandar berhasil menjadi Tuan Rumah yang baik. Penghargaan lainnya yang menjadi kebangaan Polewali Mandar yakni perolehan berbagai rekor MURI yaitu, Isbat nikah terbanyak, membuat peta daerah terbesar, pengembalian anak sekolah terbanyak, sarung sutera terpanjang, Saiyyang Pattu’du (Kuda Menari) terbanyak dan lain-lain.

Selain itu, ABM juga meraih berbagai juara tingkat nasional seperti, tiga kali berturut-turut menjuarai Festival Budaya Nasional, bahkan juga mampu ikut andil dalam Internasional Festival Perahu Tradisional di Prancis, termasuk mendapat penghargaan dengan pemberian insentif kepada Imam/Pendeta, guru mengaji dan guru sekolah minggu, selain Polewali Mandar juga mampu mengembalikan piala STQ.

Maka tak heran jika tokoh politisi Sulawesi Barat yang akrab disapa ABM itu, mampu mengukir sejumlah prestasi dan menyabet penghargaan dari berbagai pihak. 

Kepedulian seorang ABM untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pun masih terus ditunjukkan saat memimpin Sulawesi Barat, dengan menggagas berbagai program pro rakyat, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah situasi yang sulit akibat Pandemi covid-19. (*)