UWG Gelar Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Secara Luring dan Daring

ANP • Saturday, 25 Sep 2021 - 14:29 WIB

MALANG - Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang tahun 2021, sebagai prosesi penyambutan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 dilakukan pada tanggal 25-26 September 2021 dan 2-3 Oktober 2021. 

Rektor UWG Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST. MT. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan kampus kepada para mahasiswa baru, baik lingkungan akademik mapun non akademik, juga semua fasilitas yang dimiliki oleh Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang, serta SIM, SOP dan kebijakan-kebijakan kampus.

"Karena kondisi yang belum kondusif terkait dengan pandemi Covid-19, maka untuk kedua kalinya gelar PKKMB dilaksanakan secara hybride antara luring dan daring. Kegiatan luring dilaksanakan di Hall Lantai V Kampus II dengan undangan yang sangat terbatas, yaitu 13 perwakilan maba masing-masing program studi dengan didampingi oleh 13 kaprodi. Maba yang lain dan para undangan hadir secara daring," tegas Rektor UWG Agus Tugas Sudjianto.

Menurutnya, lebih dari 500 maba antusias dengan hadirnya Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi, yang akan hadir pada guest lecturer saat acara pembukaan.

"Dan 4 alumni sukses lain akan dihadirkan juga untuk memberikan semangat kepada para yuniornya. Maba UWG kali ini berasal dari 17 Provinsi di Indonesia, tersebar pada semua pulau-pulau besar di tanah air dan berasal dari 329 SMA/SMK/MA di seluruh Nusantara," katanya.

Pada saat pembukaan, selain ditandai dengan penyematan atribut UWG kepada perwakilan maba oleh Rektor UWG (Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST. MT.), juga dilakukan penyerahan Surat Keputusan Rektor tentang mahasiswa penerima KIP-K Reguler, KIP-K Aspirasi Masyarakat, Beasiswa Unggul Mulia dan Beasiswa SPP 2 semester. Turut memberikan ucapan selamat datang kepada para maba, Ketua pengurus YPPI Widyagama Malang, Prof. HA Mukthie Fadjar, SH, MH.

Acara PKKMB Tahun 2021 UWG  mengusung tema “Kuliah untuk Belajar” Menjadikan Generasi Milenial Tangguh yang Kreatif dan Inovatif. Selain untuk memperkenalkan lingkungan baru bagi para maba, PKKMB Tahun 2021 juga akan mengajak para maba untuk membangkitkan kembali rasa cinta tanah air, mengubah paradigma IT sebagai teman belajar dan terus membangun kreatifitas agar sukses dimana saja dan kapan saja.

Kepada para maba juga akan diperkenalkan 39 organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus UWG sebagai salah satu wahana untuk mengasah soft skill, disamping hard skill di bidang ilmunya masing-masing.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Alumni Widyagama (IKAWIGA) Malang, Mohammad Supriyadi, S.T., M.T menyampaikan ucapan selamat terkait acara PPKMB.

"Saya ucapkan selamat mengikuti PKKMB  kepada seluruh mahasiswa baru dan selamat bergabung dengan UWG, saya pastikan saudara-saudara tidak salah pilih kampus untuk kuliah baik yang strata 1 maupun pasca sarjana," ujarnya.

Menurutnya, pengurus IKAWIGA tentu ikut bertanggung jawab atas semua mahasiswa baru yang telah bergabung dengan UWG dalam meraih mimpi dan cita-citanya, termasuk pada saat menjalani proses perkuliahan sebisa mungkin untuk menyediakan kesempatan mengikuti praktikum di luar kampus.

"Saya yakin betul, masa depan mahasiswa baru UWG mempunyai kesempatan yang sama dengan kampus yang lain termasuk kampus negeri. Yang membedakan semangat belajar, apabila mahasiswa baru UWG tekun, rajin serta aktif di berbagai organisasi maka kalian akan meraih mimpi dan cita-citanya," tegas Mohammad Supriyadi, yang juga menjabat Ketua Umum Japnas Jatim tersebut. (ANP)