Peroleh Izin, Untar Buka Program Studi Berbasis Riset 

AKM • Wednesday, 22 Sep 2021 - 17:45 WIB

Jakarta - Meningkatkan dan menghasilkan kualitas yang baik  Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi perhatian Perguruan Tinggi. Salah satunya melalui program studi yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan di tengah masyarakat.

Universitas Tarumanagara (Untar) sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di Indonesia menerima Surat Keputusan (SK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tentang ijin pembukaan Program Studi Doktor Ilmu Manajemen secara daring beberapa waktu lalu.

Sekretaris LLDIKTI Wilayah III Dr. Yaya Jakaria, S.Si., M.M. mengucapkan selamat dengan diterbitkan dan diserahkan surat keputusan pendirian Program Doktor Ilmu Manajemen di Untar. 

“Semoga surat keputusan ini dapat menjadi tenaga baru dalam memperkuat institusi. Harus terus belajar dan adaptif dalam meningkatkan kualitas institusi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat,” ujarnya.

Yaya juga menyampaikan bahwa mutu pendidikan harus dipertahankan dan ditingkatkan. Hal ini merupakan salah satu syarat wajib.

“Meningkatkan mutu pendidikan harus memperhatikan peningkatan mutu dosen dan kurikulum sesuai perkembangan kebutuhan serta perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Tidak hanya teori tetapi pengetahuan praktik dalam dunia kerja harus ditingkatkan bagi mahasiswa,” tegasnya.

Kepala LLDIKTI 3 Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc., "Selamat kepada Yayasan Tarumanagara dan Untar. Semoga dapat meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan tinggi sesuai keunggulan dengan mengacu pada peraturan yang berlaku."

Surat keputusan ini diterima oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, didampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Rasji, S.H., M.H.

Agustinus Purna Irawan menyampaikan bahwa ijin Prodi Doktor Ilmu Manajemen ini sebagai salah satu hadiah istimewa dalam menyambut Dies Natalis ke-62 Untar yang jatuh pada 1 Oktober 2021. 

“Untar memperoleh kepercayaan dari Kemendikbud Ristek untuk menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Manajemen mulai tahun 2021. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa pengelolaan Untar telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek,” ujar Agustinus.

Agustinus mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ini, dan akan melaksanakan perkuliahan program Doktor Ilmu Manajemen dengan keunggulan bidang Digital Marketing dan Entrepreneurship, yang relevan dengan keunggulan Untar. 

“Kami terus akan meningkatkan penjaminan mutu internal dan eksternal dalam rangka membangun perguruan tinggi yang berkualitas dan bereputasi untuk mendukung SDM Unggul untuk Indonesia Jaya.” Kata Agustinus.

Program Doktor Ilmu Manajemen Untar merancang kurikulum dengan riset yang mendalam sehingga dapat menghasilkan publikasi bereputasi yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu dan kehidupan masyarakat. Pendidikan yang dapat ditempuh minimal 6 semester ini, memberi ruang bagi para praktisi untuk menempuh pendidikan Doktor di Untar dengan penerapan kurikulum berbasis Rekognisi Pembelajaran/Pengalaman Lampau.