Bupati Malang Apresiasi Ekspor Perdana Proem 1 Ke Pasar Dunia

MUS • Friday, 10 Sep 2021 - 08:52 WIB

Malang - Sebanyak 1020 botol Proem1 diekspor ke Shanghai China oleh PT Agro Mitra Alimintare. Ekspor perdana yang dilepas Bupati Malang Sanusi menjadi tolak ukur keberhasilan produk tanah air menembus pasar dunia, di tengah melemahnya ekonomi global akibat pandemi yang tak berkesudahan.

Berdiri di atas tanah seluas 3,2 ha, probiotik cair olahan anak bangsa diproduksi massal 11 Februari 2020, sehari setelah lulus audit BPOM. 

Yang membanggakan dari Proem1 tidak lain seluruh bahan baku 100% lokal meskipun berlisensi Amro Jepang. Demikian pula dengan tenaga ahli dan pakar kesehatan yang memproduksi seluruhnya anak bangsa.
Bupati Malang drs HM Sanusi MM mengaku bangga karena ada obat yang bisa menyembuhkan Covid19. 

"Bagaimana tidak bangga, jika obat untuk menanggulangi Covid yang melanda dunia itu dari Malang," katanya pada awak media usai seremonial pelepasan ekspor perdana 
Proem-1. 

Kepala BPOM Penny K Lukito mengapresiasi PT AMA dalam melakukan ekpor ke luar negeri. Mengingat dengan upaya ini, ekonomi di daerah, kerakyatan dan nasional akan tumbuh. 

"Ekspor perdana ini sangat membanggakan, mengingat persaingan di pasar global produk   kesehatan sangat ketat," katanya melalui daring. 

Sedangkan, direktur PT AMA Ge Recta Geson, mengatakan, selain Shanghai, permintaan pasar luar negeri sangat menjanjikan. Karena Malaysia, Singapura, Vietnam dan India sudah memesan. 

"Masih dalam proses perijinan di negara setempat," tambahnya usai memecah kendi tanda diberangkatkan kontainer Proem•1 di kecamatan Pakis kabupaten Malang Jawa Timur.

Upacara pelepasan kontainer ditandai dengan pengguntingan pita dalam rangkaian melati. Juga pemecahan kendi berisi air oleh Bupati Malang, komisaris PT AMA Johan Wijaya didampingi Ge Recta Geson Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono dan Kapolresta Malang AKBP Budi Hermanto. Sejumlah tokoh masyarakat, tokoh media dan Forkopimda hadir dalam acara tersebut. (Her)