Pengenalan Kampus, Rektor Ubhara Jaya: Kita Komitmen Wujudkan Kampus Bebas dari Narkoba

ANP • Thursday, 9 Sep 2021 - 15:27 WIB

Bekasi - Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menunjukkan sikap komitmennya dalam mewujudkan lingkungan kampus yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. Hal itu bisa dilihat pada beberapa rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), yakni dengan tes urine (anti narkoba) bagi para mahasiswa baru dan penyampaian materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M. menyampaikan bahwa kampus yang ia pimpin saat ini sudah sewajarnya bahkan wajib berkomitmen untuk bebas dari narkoba, karena Ubhara Jaya, lanjut Bambang, adalah kampus yang berbasis sekuriti.

“Selamat datang di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Kampus kebanggaan kita bersama, kebanggaan masyarakat dan juga keluarga POLRI. Yakinkan anak-anakku sekalian tidak salah pilih. Kalian memasuki lingkungan kampus yang dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Narkoba adalah musuh terbesar bagi kita dan juga generasi yang akan datang. Kampus ini berkomitmen juga mewujudkan academic environmental (lingkungan akademik), academic culture (budaya akademik) dan academic freedom (kebebasan akademik). Kesempatan terbaik yang tidak akan datang dua kali,“ tegas Bambang saat memberi sambutan pada acara puncak PKKMB tahun 2021 08/09/2021.

Perlu diketahui, acara PKKMB tahun 2021 ini diikuti lebih dari 1869 Mahasiswa Baru yang telah dinyatakan lulus dan mendaftar ulang di Ubhara Jaya mengusung tema, “Membentuk Mahasiswa yang Berkarakter, Memiliki Kedalaman Ilmu, Keluhuran Akhlak, Cinta Tanah Air dan Berdaya Saing Global”. Acara tersebut digelar secara hybrid (gabungan) antara offline dan online dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat, dimana hanya perwakilan mahasiswa dari 7 Fakultas yang hadir secara fisik dan selebihnya mengikuti melalui zoom.

Kegiatan PKKMB Tahun Akademik 2021/2022 dimulai dengan Pra-PKKMB dengan pelaksanaan tes TOEFL dan test urine (anti narkoba) dilanjutkan dengan acara puncak hingga perwalian pengisian Kartu Rencana Studi (KRS).

Bambang juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat umum terutama kepada para orang tua mahasiswa baru yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk melanjutkan kuliahnya di Ubhara Jaya. Ia pun berjanji akan menjaga kepercayaan tersebut dan akan menjadikannya sebagai amanah.

“Manfaatkan kegiatan ini untuk menyerap berbagai pengetahuan dari para narasumber, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Narkotika Nasional dan juga dari instansi terkait. Terima kasih kepada para orang tua, terimalah rasa hormat saya, karena telah mempercayakan anak-anaknya untuk menempuh kuliah di Ubhara Jaya,” tambah Rektor Ubhara Jaya, Doktor bidang Ilmu Pemerintahan itu.


Acara puncak PKKMB diisi dengan dua sesi dialog yang menghadirkan para narasumber ahli dan kompeten di bidangnya untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para mahasiswa baru mulai dari bidang akademik, antikorupsi, bela negara dan penerapan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Ubhara Jaya. Narasumber tersebut antara lain, Irjen Pol (Purn) Dr. H. Bibit Samad Riyanto, M.Si. (Kepala Pusat Kajian Ilmu Kepolisian dan Anti Korupsi Ubhara Jaya, Mantan Rektor Ubhara Jaya dan Mantan Komisioner KPK), Dr. As’ad Said Ali (Wakil Ketua BIN Periode 2000-2010 dan Wakil Ketua Umum PBNU 2010-2015), Brigjen Pol Tehuh Iman Wahyudi, S.H., M.M. (Direktur Pemberdayaan Alternatif BNN), Dr. M. Samsuri (Kepala Biro Perencanaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia) dan Prof. Drs. Tatang Ary Gumanti, M.Buss.Acc., Ph.D (Wakil Rektor I Ubhara Jaya). (ANP)