Percepat Herd Immunity, BIN Inisiasi Vaksinasi Lanjutan Door to Door

MUS • Tuesday, 31 Aug 2021 - 06:55 WIB

Kendari - Komite Intelijen Daerah (Kominda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Perencanaan Program Vaksinasi Pelajar dan Masyarakat (Door to Door) di Provinsi Sultra. Rapat berlangsung di Mako Binda Sultra, Senin (30/8/2021).

Rapat tersebut dilaksanakan sehubungan dengan perintah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) RI terkait rencana kegiatan vaksinasi lanjutan bagi pelajar dan masyarakat secara door to door yang akan dilaksanakan pada September-Desember 2021.

Kepala Kominda Sultra Brigadir Jenderal TNI Raden Toto Oktaviana, menjelaskan bahwa saat ini Indonesia sedang melakukan percepatan Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) demi mengatasi pandemi Covid-19. 

Hal inilah yang menginisiasi BIN untuk melakukan program vaksinasi dengan metode door to door, salah satunya di Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Metode ini dipercaya mampu meningkatkan paritisipasi masyarakat terhadap vaksinasi, karena bisa menjangkau keluarga yang tidak memiliki akses dan takut keluar rumah demi mencegah tertular covid-19. 

Adapun sasaran dari pelaksanaan vaksinasi dengan metode door to door ini meliputi pelajar SMP dan SMA, dan masyarakat umum yang kesulitan menjangkau lokasi vaksinasi covid-19.

“Kami ditarget 20.000 vaksin setiap bulan untuk di Sultra yang tetap dititipkan di Dinas Kesehatan Prov. Sultra. Untuk prioritas awal, kami fokuskan di Kota Kendari, Konawe Selatan, Konawe, dan Konawe Utara. Sehingga kami meminta dukungan pemda terkait untuk turut mensukseskan program vaksinasi ini," ungkap Kepala Kominda Sultra.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar mengungkapkan bahwa Kota Kendari telah menuntaskan program vaksinasi dosis 1 sebanyak 49,56% dan dosis 2 sebanyak 29,2 % dari total target 35.737.

Jumlah ini belum menunjukkan angka yang maksimal karena masih jauh dari target. Sehingga ia berharap dengan program vaksinasi secara door to door yang di gagas oleh BIN ini Pemerintah Kota Kendari dapat mencapai target vaksinasi yang telah ditetapkan.

“Mudah-mudahan dengan metode door to door ini kita bisa mencapai target vaksinasi di Kota Kendari. Kami dari pemkot akan terus mendukung dan mendampingi BIN daerah dalam pelaksanaan program tersebut”, pungkasnya.

Demi terhindar dari terpaparnya Covid-19, pemerintah Kota Kendari selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu disiplin melakukan 5M, yang terpenting menggunakan masker secara benar dan menggunakan masker double agar terhindar dari varian delta. (HenQ)