Liga 1 Bergulir, Masyarakat akan Terhibur Meski di Rumah Saja

FAZ • Friday, 27 Aug 2021 - 23:07 WIB

Jakarta - Direktur  Operasional  PT. Liga Indonesia Baru Sudjarno menyatakan, kompetisi sepakbola Indonesia BRI Liga 1 sudah dipersiapkan dengan baik. Selain itu, klub juga sudah berkomitmen atas kesiapan mereka untuk mengarungi Liga 1 Indonesia.

“Jadi kita telah mempersiapkan diri  termasuk semua ckub juga sudah siap dengan kemampuan SDM, finansial, semuanya sudah siap mengikuti kompetisi,” kata Sudjarno kepada Radio Trijaya, Jumat (27/8/2021).

Kompetisi BRI Liga 1 akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Aplikasi Peduli Lindungi akan mendukung berlangsungnya seluruh laga, dengan 3 pertandingan terlebih dahulu yaitu Bali United vs Persik Kediri, Persipura Jayapura vs Persita Tangerang, dan Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh.

Setiap pertandingan hanya akan dihadiri paling banyak 299 orang, dan harus dengan syarat minimal vaksinasi 2. Selain itu pada H-1 laga, akan dilakukan test PCR untuk para pemain dan pengurus yang akan bertanding. Tidak hanya itu, panitia pelaksana juga akan melakukan swab antigen terlebih dahulu.

“Semua pertandingan Liga 1 sebanyak 306 pertandingan sampai bulan April mendatang akan digelar tanpa penonton dan tentu dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Sudjarno.

Kementerian Kesehatan juga akan melakukan pendampingan dalam digelarnya BRI Liga 1, plus evaluasi dari tiga pertandingan pertama.

“Evaluasi yang paling dominan adalah bagaimana protokol kesehatan dan evaluasi pengelolaan penonton. Jangan sampai penonton ada yang datang ke stadion. Selain evaluasi kepada penonton yang akan menggelar nobar dan lain-lain,” jelas Sudjarno.

Di sisi lain, pengamat sepakbola Kesit Budi Handoyo mengatakan bergulirnya kembali Liga 1 Indonesia akan membuat masyarakat mendapat hiburan di rumah, dan semua syarat-syarat yang dikeluarkan pemerintah harus tetap diikutkan.

”Pertama-tama temtu kita boleh bersyukur karena setelah 2 tahun akhirnya Liga 1 bisa hadir kembali walaupun masih harus menerapkan protokol kesehatan yang tepat dan yang paling penting masyarakat bisa mendapatkan hiburan dari rumah,” kata Kesit.