Gunakan Delman, Relawan Deklarasi Dukung Ganjar 'Presiden' di Kuningan

ANP • Monday, 23 Aug 2021 - 22:11 WIB

KUNINGAN - Tak hanya dekat dengan rakyat kecil, sosok Ganjar Pranowo juga dianggap dekat dengan kalangan milenial. Itu sebabnya, Relawan Ganjar Kuningan melakukan deklarasi dukungan dengan cara yang unik.

Relawan Ganjar Kuningan kebanyakan didominasi anak-anak muda. Mereka memilih menggunakan delman untuk menarik perhatian masyarakat Kuningan dengan melakukan konvoi dan menyebarkan dukungannya pada Ganjar.

Sebelum akhirnya mereka menggelar acara deklarasi salah satu kafe yang ada di Jalan Siliwangi, Kecamatan Kuningan pada Minggu (22/8/2021).

Ketua Sahabat Ganjar Kabupaten Kuningan Mila Kurnia mengungkapkan, aksi deklarasi untuk ini murni dilakukan para relawan yang memang ingin agar Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden RI di periode selanjutnya.

“Kebetulan hari ini 22 Agustus kami melakukan deklarasi, ini juga dilakukan serentak di 50 kota/kabupaten di Indonesia termasuk di Kuningan. Deklarasi ini murni dari relawan, tidak ada dari partai apapun atau pihak manapun,” kata Mila.

Mila menjelaskan alasan terbentuknya Sahabat Ganjar Kabupaten Kuningan dilandasi oleh sosok Ganjar Pranowo yang menurutnya tidak jauh berbeda dengan sosok Presiden Jokowi.

“Kenapa milih Pak Ganjar, menurut kami sosok beliau itu sangat bersahaja, tidak jauh beda dengan Pak Jokowi jadi kenapa kita jatuh cinta dengan bapak berambut putih, Pak Ganjar sosoknya kekinian, merangkul masyarakat dan pantas menurut kita untuk maju di 2024,” ungkapnya.

Apa yang katakan Mila juga diakui Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani. "Pak Ganjar adalah sosok yang akrab dengan kalangan milenial. Jadi, menurut saya, Beliau ini memang sosok yang bisa 'menggauli' seluruh lapisan masyarakat," ujar Lenny.

Lenny juga menyinggung soal hasil survei yang menyatakan bahwa Ganjar dekat dengan kalangan milenial.

Menurut Lenny, temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan pada rentang pemilih milenial dan gen Z, posisi tersebut dikuasai oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Sedangkan Prabowo cukup puas pada posisi ketiga.

Elektabilitas Ganjar bertengger di angka 17,7 persen, ditempel oleh Ridwan Kamil sebesar 16,0 persen. Menyusul adalah Prabowo (12,8 persen), Anies Baswedan (7,6 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (7,3 persen). Ganjar dan RK menikmati dukungan elektabilitas terbesar di antara pemilih milenial dan gen Z dibanding tokoh-tokoh yang lain, termasuk Prabowo.

"Jadi, faktanya memang demikian. Kalangan milenial juga mendukung Pak Ganjar," imbuh Lenny.

Sebagai informasi, Sahabat Ganjar mendeklarasikan Ganjar Pranowo Maju pada Pilpres 2024, mendatang. Aksi dilakukan secara serentak di 51 kota yang tersebar di 34 Provinsi. Berbagai kegiatan dilakukan saat pendeklarasian tersebut.

Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani menerangkan relawan yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat ini mengisi acara deklarasi dengan berbagai kegiatan unik, serta membagikan ribuan paket sembako dan masker kepada warga terdampak pandemi.

“Sahabat Ganjar hadir dengan semangat gotong royong dan kerja bersama agar Indonesia kuat menghadapi berbagai persoalan bangsa. Saat ini adalah pandemi. Kami menebarkan semangat yang selama ini digaungkan Ganjar tersebut di 51 kota pada 34 provinsi di Indonesia,” katanya, Minggu (22/8/2021).

Lebih lanjut, Lenny menjelaskan bahwa tujuan deklarasi serentak ini adalah untuk konsolidasi agar bisa bersinergi dan bergerak bersama sesuai visi dan misi Sahabat Ganjar. Yaitu mengusung Ganjar Pranowo untuk maju pada pilpres 2024 mendatang. Serta, Sahabat Ganjar dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyebarluaskan semangat kepemimpinan Ganjar ke masyarakat luas.

“Sebagai sosok yang dekat dengan berbagai elemen masyarakat termasuk anak muda, Ganjar merupakan pemimpin yang ramah, merakyat, dinamis, dan mengedepankan dialog. Sahabat Ganjar akan secara nyata mendukung Ganjar untuk maju pada pilpres 2024,” tutupnya.

Deklarasi berdirinya Sahabat Ganjar sendiri telah dilaksanakan di Yogyakarta pada 20 Juni 2021. Kemudian diperluas hingga 34 provinsi di 51 kota di Indonesia.

Adapun 51 kotanya Bireun, Medan, Bukittinggi, Pekanbaru, Batam, Jambi, Argamakmur, Palembang, Bangka Belitung, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bogor, Kuningan, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Bandung, Cirebon, Semarang, Kedu, Banyumas, Solo, Pekalongan, Yogyakarta, Mojokerto, Bojonegoro, Malang, Surabaya, Denpasar, Praya, Sabu Raijua, Manggarai, Kubu Raya, Banjarmasin, Kotabaru, Tarakan, Palangkaraya, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Manado, Makassar, Kendari, Polewalimandar, Palu, Gorontalo, Tobelo, Ambon, Manokwari, Jayapura, dan Blitung

Sekilas Tentang Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar adalah kelompok relawan yang dibentuk pada 20 Juni 2021. Terdiri dari berbagai elemen masyarakat, Sahabat Ganjar hadir untuk membantu mensosialisasikan semua informasi tentang Ganjar Pranowo yang mampu membangun sentimen positif di masyarakat. Juga merekatkan nasionalisme di seluruh masyarakat, serta membangun masyarakat yang cerdas dan berbudaya luhur melalui penanaman nilai-nilai budaya dan norma sosial agar bangsa Indonesia menjadi besar dan dihormati di mata internasional.

Sahabat Ganjar mendapat dukungan masyarakat yang tergabung dalam Whatsapp Group Sahabat Ganjar, sosialisasi, dan informasi semua tersebar melalui website dan Whatsapp Group Sahabat Ganjar. (ANP)