Vaksinasi Ibu Hamil di Tangerang Mulai Besok, ini Prosedur Skriningnya  

MUS • Wednesday, 18 Aug 2021 - 12:00 WIB

Jakarta - Ibu hamil di Kota Tangerang akan mendapatkan vaksin Covid-19 mulai besok, 19 Agustus 2021. Syarat kesehatan yang diberlakukan lebih ketat dari pada orang biasa. Vaksinasi dilaksanakan di 38 Puskesmas se-Kota Tangerang dan RSUD Kota Tangerang. 

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Dinkes Kota Tangerang, Hermayani mengungkapkan sejak arahan Kemenkes turun, puskesmas sudah langsung melakukan sosialisasi terkait akan dimulainya vaksinasi ibu hamil.  Terlebih kepada ibu hamil yang sudah terdata pada program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Kota Tangerang. 

“Dengan itu, kami mengimbau bagi ibu hamil yang sekiranya belum terdata di Puskesmas setempat, namun secara masa kehamilan bisa divaksinasi, untuk segera melakukan pendataan atau pendaftaran vaksinasi di puskesmas setempat, untuk segera mendapatkan jadwal vaksinasi covid-19 ibu hamil,” kata Hermayani, Rabu (18/8/21). 

Dia menjelaskan, vaksinasi untuk ibu hamil hanya bisa dilakukan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk. Selain itu, screening yang dilakukan juga berbeda dari sistem screening masyarakat umum.  Ibu hamil harus melalui 10 pertanyaan screening. Mulai dari masa kehamilan, pengecekan tanda-tanda keracunan kehamilan, tensi diangka 140/90 sudah harus ditunda, tidak pusing, pandangan tidak kabur dan beberapa poin lainnya. 

“Intinya teknis medis akan lebih mendalam pada vaksinasi ibu hamil ini. Terkait jenis vaksinasi ibu hamil di Kota Tangerang menggunakan jenis Sinovac dan waktu observasi juga 15 menit," tuturnya. Selain itu, Dinas Kesehatan juga berkoordinasi dengan pihak lain untuk memantau kondisi ibu hamil setelah pemberian vaksin hingga ibu melahirkan. 

"Dinkes bekerjasama dengan Organisasi Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) untuk memantau kondisi ibu hamil secara berkelanjutan, melalui link kartu kendali khusus ibu hamil setelah vaksin sampai dengan melahirkan,” katanya.