Nuffic Neso Umumkan 3 Pemenang Changemaker Challenge 2021

ANP • Friday, 13 Aug 2021 - 21:42 WIB

JAKARTA - Dalam rangka semarak Hari Pemuda Internasional (International Youth Day) yang diperingati pada tanggal 12 Agustus 202, Nuffic Neso Indonesia mengumumkan 3 (tiga) pemenang Changemaker Challenge 2021.

Pengumuman yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Orange Talk 5 ‘Youth-led Innovation for Sustainable Agriculture and Food Systems in Southeast Asia and Bangladesh’ ini dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom meeting dan dihadiri oleh sejumlah praktisi dan professional di bidang pangan dan pertanian berkelanjutan dari sejumlah negara dan wilayah di Asia Tenggara dan Bangladesh.

Pengumuman pemenang Changemaker Challenge 2021 disampaikan langsung oleh Douwe Zijp, CEO East-West Seed dan Emily Thuy (Vietnam), perwakilan dewan juri yang juga tercatat sebagai Strategic Marketing Manager Vietnam and Cambodia of De Heus.

Tiga proposal program pemenang Changemaker Challenge 2021 ini adalah proposal dengan tema Rise to Rise (Filipina) oleh: Eden Vina L. Grate; Jolina S. Ladan dan Rovic D. Oppus; proposal E-Chick (Indonesia) oleh: Moch Syahrudin dan Riska Nur Fateha; dan proposal bertema Community Garden (Indonesia) oleh: Ibnu Budiman dan Silviana Chandra.  Ketiga proposal terbaik dan terpilih ini akan diberikan hadiah sebesar EUR. 5.000 yang disponsori oleh Wageningen University and Research, East West Seed, dan De heus untuk mengimplementasikan gagasan kampanye kreatifnya sepanjang tahun 2021.

Nanya Burki, penanggung jawab program Changemaker Challenge, mengungkapkan proses penentuan kandidat juara terpilih yang dilakukan oleh dewan juri dan panitia tidaklah mudah. “Ketiga proposal program terpilih ini harus bersaing dengan sangat ketat dengan 38 proposal yang dikirim oleh 200 peserta pelajar aktif dan 50 alumni Belanda yang tercatat sebagai mentor”.

Sebagai informasi, program Changemaker Challenge 2021 merupakan salah satu rangkaian program dari kampanye pentingnya pendidikan pertanian ‘Empower Youth4Food’ bagi

generasi muda di Asia Tenggara dan Bangladesh. Kampanye ini dilaksanakan selama satu tahun oleh Nuffic Neso Indonesia dan Vietnam, dan bekerjasama dengan banyak pihak, diantaranya Netherlands Food Partnership (NFP), Icco-Cordaid, Agriterra, Netherlands Alumni Association Bangladesh (NAAB), East West Seed, De Heus Animal Nutrition, Wageningen University and Research (WUR), dan Aeres. Program yang telah diluncurkan pada 22 April 2021 ini menyuguhkan beragam konten dan event, diantaranya publikasi kisah inspiratif dari para alumni Belanda yang menggeluti bidang pertanian, seminar, talk show, career fair, dan juga program Changemaker Challenge. (ANP)