Telkom Indonesia Bangun Platform untuk Pelaku UKM

FAZ • Friday, 13 Aug 2021 - 07:49 WIB

Jakarta - Di Indonesia, Hari UMKM Nasional diperingati setiap tanggal 12 Agustus. Artinya hari ini adalah peringatan Hari UMKM Nasional, Kamis (12/10/2021).

Menurut Direktur digital business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Muhamad Fajrin Rasyid, dalam webinar "Memperkuat UKM dengan Akses Modal dan Teknologi Informasi" yang diselenggarakan oleh MNC Trijaya FM, UMKM merupakan segmen yang sangat penting, karena sangat berkontribusi terhadap ekonomi Indonesia dan segmen yang sangat perlu dibantu akibat dari pandemi Covid-19.

Fajrin Rasyid mengatakan, 60 atau 70 juta UMKM di Indonesia sampai saat ini memang masih sedikit yang memanfaatkan digitalisasi atau platform digital untuk bisa meningkatkan usaha mereka. Sehingga PT Telkom Indonesia (Persero) dapat memperkuat UMKM melalui permodalan dan sebagainya menjadi sesuatu yang penting.

Ia menyampaikan, riset yang disampaikan oleh Google terkait dengan ekonomi digital Indonesia, berdasarkan riset di tahun 2020, ekonomi digital Indonesia ada diangka Rp 550 triliun. Menurutnya, ini angka yang sangat besar, karena saat ini masyarakat sudah mulai merasakan jamannya serba online. Mulai dari belanja online, menggunakan platform online untuk pesan transportasi dan lainnya. Namun, angka ini masih akan tumbuh jauh lebih besar lagi dalam beberapa tahun mendatang.

"Riset ini memperkirakan bahwa di tahun 2025 angkanya akan naik 3x lipat dari Rp 550 triliun menjadi Rp 1750 triliun. Tentu kita berharap jangan sampai kita menjadi penonton atau konsumen pasar saja didalam pertumbuhan ekonomi yang besar ini, mari kita berperan aktif sebagai pemain, sebagai produsen atau apapun lainnya, yang pasti bagaimana kita terlibat dalam ekosistem ekonomi digital ini" kata Fajrin dalam Webinar Memperkuat UKM dengan Akses Modal dan Teknologi Informasi.

Pandemi Covid-19 memang cukup berdampak pada sektor UMKM, hingga ada UMKM yang mengalami pendapatannyan turun 50% lebih. Namun, yang menarik adalah ternyata ada UMKM yang juga mengalami hal positif selama Pandemi Covid-19. Hal ini ternyata di tahun 2020 transaksi di e-commerce mengalami peningkatan hingga 400%, dan dari sisi costumer meningkat 37%, serta 93%  pengguna akan tetap menggunakan platform digital setelah pandemi berlalu.

Inisiatif PT Telkom dan BUMN dapat berperan dalam meningkatkan UMKM, adalah membangun platform Pasar Digital UMKM Indonesia (PaDi UMK). Pelaku UMKM yang bergabung dalam PaDi UMK akan terhubung ke seluruh BUMN, sehingga BUMN-BUMN yang ingin mencari barang yang diproduksi oleh UMKM maupun pakaian, makanan, dan lainnya dapat di beli melalui platform ini sehingga dapat membantu para UMKM.