Nadiem Lepas  970 Mahasiswa Penerima Beasiswa ISMA  2021 ke 28 Negara

AKM • Tuesday, 10 Aug 2021 - 10:38 WIB

Jakarta - Pemerintah terus memberikan perhatian peningkatan kualitas dari para pata mahasiswa Indonesia. Langkah yang bisa dilakukan seperti memfasilitasi program pertukaran Mahasiswa.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim melepas 970 mahasiswa peserta program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) ke 59 perguruan tinggi yang berada di 28 negara.

Nadiem mengucapkan selamat kepada 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi di Indonesia yang telah lolos seleksi program IISMA 2021.

“Untuk tahun 2021 dan awal 2011, para peserta IISMA akan melaksanakan pertukaran mahasiswa di 59 perguruan tinggi kelas dunia di 28 negara. Sungguh luar biasa," katanya pada Pelepasan Mahasiswa Awardee IISMA 2021 secara daring, Senin (9/8/2021).

Alumnus Harvard Business School ini menuturkan, terpilihnya para mahasiswa awardee IISM ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan karena mereka sudah terpilih dari total 2.551 mahasiswa Indonesia yang sudah mendaftar ke program IISMA ini.

"Ini juga bukti bahwa meskipun kita sedang hidup di masa yang penuh keterbatasan, sesungguhnya kesempatan itu masih ada," imbuhnya.

Kepada mahasiswa penerima beasiswa IISMA, Nadiem berpesan agar tidak takut untuk mencoba hal-hal yang baru. Mantan petinggi Gojek ini juga mendorong para mahasiswa untuk aktif bersosialisasi sehingga bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang baru.

"Bawa pulang pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat untuk diri dan juga untuk lingkungan sekitar," pesan Menteri Nadiem.

Sekjen Kemendikbudristek Ainun Naim berharap semua mahasiswa yang mengikuti program IISMA ini bisa menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai salah satu tahapan untuk pengembangan diri.

"Jaga nama baik bangsa dan kita harapkan ini merupakan sebagian pengalaman yang sangat berharga untuk bekal mahasiswa melanjutkan belajar dan berkarir untuk kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia," pesannya.

Sememtara itu, Plt Dirjen Dikti Kemendikbudristek Prof Nizam menyampaiakan apreasi  pencapaian mahasiswa yang berhasil ikut program ISMA 2021 ke 28 negara.

“Prestasi tersebut saatnya diwujudkan dalam bentuk menggali pengalaman sebanyak-banyaknya di 31 negara dan juga bangun persahabtan internaisonal,” ujar Nizam.

Nizam mengharaokan para mahasiswa menjadi duta bangsa diperguruan tinggi yang menjadi tempat tujuan.

"Saya berharap adik-adik sekalian bisa menjadi duta bangsa.  Kenalkam budaya nusantara anda seklaian menjadi wakil duta-dita indonesia di PErguruan Tinggu yang adik sekalina nanti  akan belajar,”  imbuhya.

Program  IISMA  2021 memberikan Beasiswa mobilitas internasional ini membiayai uang kuliah di perguruan tinggi luar negeri selama satu semester, tiket pesawat kelas ekonomi pulang pergi, akomodasi, biaya hidup bulanan, uang buku, asuransi kesehatan, dan biaya tes PCR.