Evaluasi Satgas: Trend Kasus Nasional Turun, Angka Kematian Malah Bertambah 

MUS • Wednesday, 4 Aug 2021 - 21:18 WIB

Jakarta - Kasus positif covid-19 secara mingguan menurun sebanyak 5% dibanding minggu lalu. Namun terdapat beberapa provinsi yang justru mengalami kenaikan, yaitu Aceh, Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

“Secara nasional terjadi penurunan, namun ada beberapa provinsi yang naik yaitu, Aceh, Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Angka kematian mingguan bertambah sebanyak 28%, kenaikan ini rata terjadi di 28 provinsi di Indonesia,” kata Siti Nadia Tarmizi, juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dalam siaran pers, Rabu (4/8/2021).

Penambahan kasus kematian terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Barat

Siti Nadia Tarmizi juga menyampaikan testing rate nasional saat ini mencapai 4.01 per 1000 penduduk per minggu. 

“Testing rate nasional juga mengalami penurunan dari 4.03 per 1000 penduduk per minggu menjadi 4.01 per 1000 penduduk per minggu. Namun masih ada provinsi yang belum mencapai target testing yaitu, Lampung, NTB dan Maluku,” tambah Siti Nadia 

Evaluasi PPKM yang disampaikan oleh Siti Nadia adalah perlu adanya penguatan 3T (Testing, Tracing dan Treament) yang dibantu TNI dan Polri untuk membantu kegiatan pelacakan dan pemantauan isolasi serta penguatan peran petugas kesehatan dalam menetapkan status pasien.

“Perlu ada pemantauan pasien isolasi serta petugas kesehatanlah yang menentukan apakah pasien harus isolasi mandiri atau isolasi terpusat. Hal ini dilakukan untuk mempermudah perawatan apabila terjadi keadaan darurat, pasien dapat segera ditangani atau dirujuk ke rumah sakit,” jelas Siti Nadia. (Ann)