Pekan ASI Sedunia 2021 Melalui Seri Edukasi Digital

ANP • Saturday, 31 Jul 2021 - 01:56 WIB

Jakarta – Proses menyusui merupakan momen penting dalam perjalanan menjadi seorang ibu. Asupan nutrisi, kesiapan fisik maupun mental menjadi unsur penting yang harus diperhatikan. Untuk itu, Anmum mengadakan seri edukasi digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ yang bertujuan untuk memberikan dukungan kepada ibu menyusui agar dapat tetap tenang dan yakin bersama Anmum, sekaligus merayakan Pekan ASI Sedunia 2021.

‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ diadakan selama 7 hari berturut-turut mulai 1 – 7 Agustus 2021 dengan 7 topik terkini seputar ibu menyusui melalui IG Live di akun Instagram @Anmum_Indonesia. Rangkaian program ini menghadirkan para pakar mulai dari dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dokter spesialis gizi, bidan, psikolog, figur publik, hingga ibu menyusui yang akan berbagi ilmu dan tips menyusui terkini.

Riszha Gandjar, Marketing Manager Anmum, PT Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, Anmum memahami segala kecemasan dan tantangan yang dihadapi para ibu selama masa menyusui, oleh karena itu pihaknya ingin mendampingi para ibu melalui seri edukasi digital ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’. Kami memilih edukasi digital IG Live ini untuk menjangkau para ibu dimanapun berada untuk mendapatkan informasi yang ringkas dan lengkap, yang dibawakan dengan konsep talkshow ringan dan mudah diterima. Harapan kami melalui 7 topik seputar menyusui yang dibawakan selama 7 hari ini, para ibu semakin termotivasi untuk menjalani momen menyusui ini dengan tenang dan yakin di situasi apapun dan merayakannya sebagai sebuah perjalanan istimewa dalam membentuk ikatan kasih sayang yang kuat antara ibu dan anak.

“Dalam mendampingi para ibu melewati fase-fase penting, Anmum juga  membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan yang dibutuhkan ibu termasuk selama masa menyusui. Kombinasi kandungan NUELIPID yang mengandung gangliosida & DHA, kalsium, zat besi, vit B1, vit B2, omega 3 dan omega 6 serta protein mampu mendukung kesehatan ibu untuk memproduksi ASI berkualitas," kata Riszha Gandjar.

dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A, dokter spesialis anak di RSIA SamMarie Basra & RSUD Budhi Asih, menjelaskan, dalam proses menyusui, dibutuhkan kesiapan fisik dan mental dari sang ibu mulai dari usia awal kehamilan demi kelancaran proses produksi dan pemberian ASI. Dari sisi fisik perlu diperhatikan kondisi payudara dan puting yang harus selalu dijaga kebersihan dan kelembabannya. Jika payudara membengkak namun tidak optimal dalam mengeluarkan ASI, aplikasikan teknik pijat laktasi untuk membuat rileks dan membantu mengeluarkan ASI yang tersumbat. Asupan nutrisi juga menjadi satu faktor penting yang harus menjadi prioritas sang ibu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, karena menyusui adalah proses yang panjang dan dapat menguras tenaga.

“Faktor kesiapan mental juga tidak kalah pentingnya, terlebih di masa pandemi ini dapat menambah kekhawatiran hingga stress dan berisiko menghambat produksi ASI. Cobalah untuk komunikasi dengan pasangan, dapatkan dukungan dari keluarga, gali inspirasi dari sesama ibu menyusui, serta lengkapi informasi yang komprehensif seputar menyusui. Meskipun saat ini tidak dapat memperoleh informasi dari fasilitas kesehatan secara leluasa, namun ibu tetap dapat mengakses beragam edukasi digital selama divalidasi oleh pakar terpercaya. Semua faktor ini akan membantu kondisi psikologis ibu dan meningkatkan hormon oksitosin yang berperan dalam melancarkan aliran ASI.,” tambah dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A.

Sabai Dieter, figur publik dan ibu dengan dua anak, mengungkapkan, bagi sejumlah ibu dan dari pengalaman pribadi, menyusui tidak semudah yang dibayangkan. Setiap ibu punya kisah perjuangan menyusui masing-masing karena memahami bahwa ASI adalah hak anak. "Saya percaya bahwa seorang ibu harus utamakan asupan nutrisi yang salah satunya dapat dipenuhi dengan konsumsi susu berkualitas dan harus tetap konsisten dalam mencari informasi dari sumber yang terpercaya seperti yang disampaikan di ‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live’ ini. Kombinasi keduanya dan dukungan orang-orang terdekat sangat berharga dalam menjadikan proses menyusui sebagai momen terindah dalam perjalanan seorang ibu." ujarnya.

‘7 Hari Anmum Jadi Yakin Live dapat disimak melalui IG @anmum_indonesia mulai 1-7 Agustus 2021 dengan jadwal sebagai berikut:

Hari dan tanggal

Topik Sesi (18.30 – 19.30)

Narasumber

Minggu, 1 Agustus 2021

Persiapan Menyusui Si Kecil

  1. Host – Putri Permata
  2. dr. Upik Anggraheni Prayogo, Sp.OG

Senin, 2 Agustus 2021

Tetap Menyusui Di Masa Pandemi

  1. Host – Skolastika Sylvia
  2. dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A,
  3. Sabai Dieter
  4. Riszha Gandjar – Anmum Indonesia

Selasa, 3 Agustus 2021

Tantangan Menyusui Ibu Baru. Siapa Takut?

  1. Host - Putri Permata
  2. Bidan Lia Widyaningrum

Rabu, 4 Agustus 2021

Nutrisi Tepat Dukung Kualitas ASI

  1. Host - Skolastika Sylvia
  2. dr. Dian Permatasari, Sp.GK

(ANP)