Tiga Pekan Beroperasi, Mobil Vaksin Keliling Sudah Menjangkau Hampir Sejuta Warga Jaksel 

MUS • Friday, 30 Jul 2021 - 13:15 WIB

Jakarta – Pemerintah menargetkan vaksinasi minimal 80% masyarakat, untuk membentuk kekebalan kelompok dan memutus mata rantai Covid-19. Kebijakan tersebut didukung Pemrov DKI Jakarta, dengan meresmikan mobil vaksin keliling sejak awal bulan ini. Mobil vaksin keliling bertujuan membantu menjangkau vaksinasi yang masih rendah di DKI Jakarta. 

Sudah tepat 3 minggu mobil vaksin keliling beroperasi, Wakil Walikota Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengklaim telah berhasil memvaksin sekitar 950.000 warga Jaksel, dari total 1.893.173 populasi.

“Kami terus berupaya mempercepat vaksinasi dengan mobil vaksin keliling. Bagi warga Jakarta Selatan yang ingin vaksin, bisa mendaftar melalui aplikasi JAKI atau datang langsung ke titik singgah mobil vaksin dengan membawa KTP dan KK (Kartu keluarga),” kata Isnawa Adji dalam Trijaya Hot Topic Pagi, Jumat (30/7/2021).

Perlu adanya edukasi dan sosialisasi yang masif dari RT, RW dan Lurah tentang pentingnya vaksin untuk mencapai herd immunity. Perangkat terkecil pemerintahan juga harus jeli saat memilih titik capaian vaksinasi. Daerah zona merah perlu menjadi prioritas, supaya bisa segera turun level menjadi orange, kuning dan hijau.

“RT dan RW harus pintar memilih kantong-kantong capaian vaksinasi. Pilih daerah yang padat penduduk dan vaksinasinya masih rendah, atau pilih daerah zona merah agar bisa cepat menurunkan zona level, sehingga bisa terpenuhi target 200 orang per hari,” imbau Isnawa

Terdapat 208 titik vaksinasi yang terdapat di Jakarta Selatan, dengan kuota 150-200 orang per hari. Namun jika animo masyarakat besar, jumlah vaksin akan ditambah dengan meminta bantuan dari puskesmas setempat. Mobil vaksin keliling dilengkapi dengan fasilitas mini ICU untuk mengantisipasi keadaan yang tidak diinginkan setelah vaksinasi. (Ann)