8 Ribu Warga Terdampak Covid, Segera Dapat Bantuan dari Pemkot Kendari

MUS • Wednesday, 28 Jul 2021 - 12:55 WIB

Kendari - Sejumlah pedagang, nelayan hingga pekerja yang kena PHK dan terdampak akibat Covid-19 namun belum mendapatkan bantuan pada program pemerintah yang sudah ada, bakal dibantu oleh pemerintah Kota Kendari.

Bantuan itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan Insyaallah, Senin, 2 Agustus 2021 bantuan akan disalurkan.

"Seluruh pengusaha UMKM kita yang terdampak Insya Allah kita akan intervensi. Tidak kurang kita sudah data InsyaAllah kurang lebih 8 ribu pelaku UMKM, nelayan, pedagang kecil, kemudian karyawan yang tergolong PHK," kata Wali Kota Kendari, Rabu (28/7/2021). 

Wali Kota Kendari mengaku, saat ini Pemkot Kendari telah  memiliki data base warga terdampak COVID-19, namun data itu akan terus diperbaharui hingga 30 Juli. 

“Yang lalu kan sudah kita salurkan dan mereka sudah punya rekening di Bank Sultra, jadi sudah tidak perlu kumpul orang lagi,” ungkap Wali Kota.

Bantuan yang akan diberikan tersebut berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu per orang.

“Kita salurkan Rp 300 ribu per orang, karena ini kita berbicara per individu bukan perusahaan, jadi kalau misalnya perusahaannya itu mempunyai karyawan 10 atau 20 yang memang terdampak, semuanya akan kita intervensi,” tutupnya.

Sebelumnya Wali Kota Kendari sudah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST)  pada sebanyak 13.932 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tahap 14 dan 15. Setiap KPM menerima Rp 600 ribu untuk jatah bulan Mei dan Juni 2021. (HenQ)