Pasien Sembuh Covid-19 Terus Meningkat, Wali Kota Kendari: Tak Lepas Dari Kerja Keras Nakes dan Tim Satgas

MUS • Sunday, 25 Jul 2021 - 12:56 WIB

Kendari - Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Kendari terus mengalami peningkatan. Hingga Sabtu (24/07/2021), jumlahnya meningkat menjadi 83,57 persen atau 5.351 pasien sembuh dari 6.403 kasus.

Wali Kota Kendari Sulakrnain Kadir mengatakan peningkatan jumlah pasien sembuh tak lepas dari kerja keras tenaga kesehatan (nakes) yang berupaya menyembuhkan infeksi Covid-19 yang diidap warganya. Terutama yang menjalani isolasi dirumah sakit.

"Pasien kita dipantau 24 jam setiap hari sampai sembuh. Kebutuhannya pangan, gizi dan nutrisi serta proteinnya dijaga agar imunnya kuat. Agar daya tahan tubuhnya meningkat. Sehingga bisa cepat sembuh," kata Sulkarnain Kadir.

Di sisi lain, keberhasilan pemkot Kendari mendorong peningkatan angka kesembuhan tak lepas dari perhatian pihaknya dalam mengawasi pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dirumah masing-masing. Pihaknya memastikan kebutuhan obat-obatan, vitamin, dan bahan pangan bagi warga terpenuhi selama menjalani isoman.

"Nakes (tenaga kesahatan) kita yang ada di Puskesmas dibantu Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 yang terdiri dari unsur TNI/Polri dan Dinkes masih melakukan kunjung kerumah warga. Khususnya dirumah warga yang tengah menjalanani isolasi mandiri dirumah. Tim memantau kondisi kesehatan mereka sampai benar-benar pulih sebelum beraktifitas kembali," kata Sulkarnain Kadir.

Pada sisi lain, peningkatan kasus sembuh tak lepas dari kbijakan pihaknya yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mana, warga yang tengah menjalani isolasi baik di rumah sakit maupun isoman di rumah masing-masing secara intens diedukasi bagaimana cara berperilaku hidup bersih dan sehat serta tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Semua kita edukasi, yang sakit maupun yang sehat. Yang sakit kita edukasi agar tidak menularkan dan cepat sembuh. Sementara yang sehat kita edukasi agar bisa terhindar dari penularan Covid-19. Ini kami lakukan setiap hari. Kami tidak akan berhenti sampai benar-benar seluruh pasien sembuh," kata Sulkarnain Kadir.

Tak hentinya pemerintah Kota Kendari selalu menyampaikan kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan menerapkan 5 M dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (HenQ)