Penyesuaian Operasional KRL dan KA Prameks Pada Hari Raya Idul Adha

MUS • Tuesday, 20 Jul 2021 - 14:26 WIB

Yogyakarta - Operasional KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta – Solo, dan KA Prambanan Ekspres mengalami penyesuaian pada masa Hari Raya Idul Adha Selasa 20 Juli ini.  KRL maupun KA Prambanan Ekspres juga tetap beroperasi hanya untuk pekerja di sektor esensial dan kritikal dengan aturan mengenai syarat dokumen perjalanan tetap berlaku. 

Aturan mengenai tetap berlakunya syarat dokumen perjalanan bagi pengguna KRL dan KA lokal ini mengacu pada SE Kementerian Perhubungan No 54 Tahun 2021 tanggal 18 Juli tentang Perubahan Kedua Atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19. 

Pola operasi KRL Jabodetek pada libur Hari Raya Idul Adha (20/7) ini terdiri dari 778 perjalanan KRL dengan 82 rangkaian kereta. Jam operasional KRL juga tetap pukul 04:00 – 21:00 WIB dengan penyesuaian frekuensi perjalanan di luar jam-jam sibuk. 

Untuk operasional KRL Yogyakarta – Solo PP hari ini beroperasi dengan 12 perjalanan per hari. Sedangkan KA Prambanan Ekspres Yogyakarta – Kutoarjo PP akan melayani pengguna dengan empat perjalanan. Seluruh syarat dokumen perjalanan juga diwajibkan bagi pengguna KRL maupun KA Prambanan Ekspres. 

KAI Commuter juga hendak mengajak para pengguna yang masih beraktivitas dengan KRL maupun KA Lokal untuk mengikuti seluruh protokol kesehatan yang berlaku di stasiun maupun di dalam kereta. Para pengguna diwajibkan menggunakan masker ganda dengan masker medis di dalam dan masker kain sebagai pelapis di luar. Bagi para pengguna yang telah menggunakan masker N95, KN95, maupun KF94 tidak perlu menggunakan masker ganda karena kemampuan filtrasi tiga jenis masker tersebut sudah mencukupi.

Selain itu para pengguna diingatkan agar selalu mencuci tangannya sebelum dan sesudah menggunakan KRL dengan memanfaatkan wastafel tambahan di setiap stasiun yang telah tersedia. KAI Commuter juga menghimbau para pengguna tetap menjaga jarak aman sesama pengguna dengan mengikuti marka-marka di stasiun maupun kereta. 

KAI Commuter juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H bagi para pengguna jasa KRL yang merayakannya. Semoga dengan semangat pengorbanan yang kita pelajari dari Idul Adha ini dapat menumbuhkan kebersamaan dan gotong royong dalam menghadapi berbagai tantangan di masa pandemi Covid-19. (Ron)