Bantuan Sosial Tunai Cair Besok, Anies: Cek Rekening! 

MUS • Sunday, 18 Jul 2021 - 18:28 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan bantuan sosial tunai (BST) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan ditransfer ke rekening masing-masing penerima besok, Senin 19 Juli 2021. BST dikirim melalui rekening penerima sehingga mereka dapat langsung menerima di rekeningnya masing-masing serta seluruh kegiatan termasuk pembagian beras.

"Sedangkan bantuan yang nanti disalurkan melalui Polda dan Kodam di Jakarta Forkompinda ini kompak datanya sama vaksinasi, target dan bansos rujukan datanya sama sehingga targetnya pun tidak beririsan, kita pastikan ini berjalan dengan baik mulai besok," kata Anies saat rapat evaluasi PPKM Darurat bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji di Monas, Jakarta, Minggu (18/7/2021)

Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan Rp604 miliar untuk bantuan sosial tunai kepada 1,8 juta kepala keluarga di DKI Jakarta. Yang mana sebanyak 1 juta keluarga melalui APBD Pemprov DKI Jakarta. Lalu 837 ribu orang melalui APBN Kementerian Sosial (Kemensos).

Pada hari raya Idul Adha, Anies meminta kepada seluruh masyarakat utuk melaksankan hari raya kurban ini sesuai dengan anjuran edaran Menteri Agama (Menag) SE No17 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kurban 1442 H/2021 M di Wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

"Kita sadari ini masa pandemi di satu sisi menjalankan kegiatan Idul Adha, di sisi lain menjalankan ketentuan prokes sehingga syariat terlaksanakan tetapi keselamatan juga tertunaikan. Kami mengimbau untuk tidak mendatangi tempat pemotongan dan hanya dikerjakan oleh panita saja laludibagikan ke rumah penerima sehingga tidak perlu ada yang antre untuk mengambil daging hewan kurban," mintanya.

Dia berharap seluruh masyarakat dan penyelenggara hari raya idul Adha dapat melakukannya mengingat kegiatan ini sudah dilaksanakan pada tahun sebelumnya sejak pandemi Covid-19 meluas di Indonesia. 

"Semuanya dibagikan ini sudah dilakukan tahun lalu dan tahun ini mengulang. Kita mengimbau seluruh penyelenggara untuk mengadakan salat Idul Adha di rumah masing-masing sebagai mana kita pernah melakukannya tahun lalu dengan itu insyaallah semua terlindungi," imbuhnya.