Dompet Dhuafa Dirikan Dapur Umum, Sediakan Ratusan Paket Makanan Bagi Warga Isoman

MUS • Friday, 16 Jul 2021 - 20:59 WIB

Jakarta - Kasus Covid-19 di Jakarta yang tinggi, mengharuskan masyarakat untuk bergotong royong dalam membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri. Pada Jumat (16/07/2021) Dompet Dhuafa berkolaboraksi bersama para relawan dari kader-kader Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jakarta menghadirkan Dapur Umum sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19 di wilayah Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Dompet Dhuafa membuka dapur umum karena melihat jumlah pasien yang menjalani isolasi mandiri cukup banyak di tingkat RT maupun RW. Dapur Umum beroperasi dengan memadukan para relawan yang dimiliki RT maupun RW setempat serta keterlibatan para donatur Dompet Dhuafa untuk kemudian memberikan makanan siap saji yang memenuhi standar gizi untuk pasien Covid-19. Target pengadaan paket makanan sebanyak 450 per hari nya,” ujar Haryo Mojopahit selaku Kepala Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa.

“Selain Dapur Umum, Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Jakarta melakukan kunjungan bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri, melalui para dokter maupun perawat LKC Jakarta memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan pemberitaan vitamin, kegiatan tersebut juga mengusung konsep Kampung Cekal Corona,” tambah Haryo Mojopahit. 

Menurut Eka selaku penanggung jawab Dapur Umum Dompet Dhuafa di Kramat Jati, mengatakan, “Dari target 450 paket makanan per hari, alhamdulillah hari ini kita dapat menyiapkan dan mendistribusikan 200 paket makanan karena melihat permintaan yang berkurang dari wilayah Kelurahan Kampung Tengah ini, paket makanan ini kita sebarkan ke masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri, dengan cakupan di dua Kelurahan yakni Kampung Tengah dan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur”.

“Alhamdulillah udah dapat pemeriksaan kesehatan dan paket makanan secara gratis ini, cukup membantu bagi saya dan keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Sudah lima hari ini kami belum keluar rumah. Bersyukur adanya Dompet Dhuafa ini kami dapat diperhatikan serta hal ini menjadi montivasi kami untuk sembuh dari Covid-19”, ujar Sumrinah, penerima manfaat dan penyintas Covid-19 di Kelurahan Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Untuk mendapatkan akses layanan Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa, dapat menghubungi 08111617101 (WA Only). Dengan mengirimkan pesan di nomor tersebut, para relawan dengan segera merespon dan mengirimkan pilihan layanan bantuan bagi warga yang menghubungi.

Mari, kita bersama kuatkan kolaborasi untuk aksi-aksi kemanusian bagi sesama. Di tengah terpaan badai pandemi Covid-19 kali ini, saatnya salurkan bantuan terbaik Anda melalui rekening 237.300.4723 (BCA) dan 7.000.523.757 (Bank Syariah Indonesia/Mandiri Syariah). Seberapapun bantuan kita, saat kolaborasi dan kebersamaan menjadi landasannya, tentu akan membantu percepatan penanganan pandemi Covid-19 di negeri ini.