Wagub DKI Sebut Jurnalis Ikut Terlibat Tangani Kasus COVID-19

FAZ • Thursday, 15 Jul 2021 - 16:29 WIB

Jakarta - Jurnalis merupakan pekerjaan paling berperan aktif dalam membantu pemerintah menanganani virus COVID-19.

Media tak henti-hentinya sejak awal virus corona mewabah di Indonesia sudah mengingatkan warga untuk menghindari hal-hal yang berpotensi jadi penyebab penularan COVID-19.

"Bukan hanya memberitakan, tetapi juga ikut menangani dan terus mengingatkan pemerintah dan warga," ucap Wakil Gubernur (Wagub) DKI, Ahmad Riza Patria saat diskusi virtual, Kamis (15/7).

Menurut dia, sangat berat orang-orang terdekat mengizinkan keluarganya keluar rumah untuk mencari berita yang beresiko tinggi terpapat coronq. Meski hal tersebut merupakan tanggungjawab dan keharusan awak media sebagai pemberi informasi ke publik.

"Terimakasih juga kepada keluarga jurnalis yg telah merelakan ibu bapak bertugas di lapangan dengan penuh risiko berat dan tinggi terpapar COVID-19," tuturnya.

Orang nomor dua di DKI itu pun mengaku, mendapat laporan bila sudah banyak jurnalis yang bertugas mencaro berita di Jabodetabek meninggal dunia akibat terpapar COVID-19.

Karena memang, kata Riza, media merupakan pekerja yang menjadi garda terdepan menginformasikan kasus corona. Yang mempunyai resiko tinggi terpapar karena berinteraksi dengan masyarakat dengan berbagai kalangan.

"Tentu profesi ini sangat berisiko terhadap terpapar nya virus COVId-19, bahkan dapat mengakibatkan kematian," pungkasnya.