Polda DIY Siapkan Shelter Isolasi Mandiri Bagi Penderita Covid-19

MUS • Friday, 9 Jul 2021 - 15:58 WIB

Yogyakarta - Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso meresmikan Shelter Isolasi Mandiri di Rusun Dit Polairud Polda DIY, Jumat ( 9/7/2021).

Sebanyak 48 kamar berisi 96 bed yang berada di gedung selatan Mako Polairud Polda DIY nantinya akan tersedia sebagai kamar perawatan bagi anggota Polda DIY dan keluarganya yang sedang menjalani perawatan karena sakit terpapar virus Covid-19.

Kabid Humas Polda D.I.Yogyakarta Kombes Pol Yuliyanto, menjelaskan sebelumnya, anggota Polda DIY yang sedang sakit berada dalam perawatan di RS Bhayangkara Polda DIY, namun karena terbatasnya kamar yang tersedia dan meningkatnya kebutuhan rawat inap terutama di masa pandemi covid-19 maka Polda DIY berinovasi agar gedung yang ada di Mako Polairud ini dijadikan Shelter Isolasi Mandiri sementara.

"Untuk mengantisipasi menumpuknya pasien, khususnya personil Polda DIY di RS Bhayangkara maupun rumah sakit umum lainya, maka Polda DIY melakukan terobosan salah satunya pemanfaatan rusun Polairud sebagai shelter isolasi mandiri bagi personil Polda DIY," terang Wakapolda.

Hal ini merupakan terobosan yang sangat positif, karena dengan adanya shelter diharapkan dapat memberi solusi terkait penuhnya kamar-kamar di rumah sakit karena meningkatnya kasus Covid-19 dan dapat mengurangi lonjakan pasien covid-19 di rumah sakit rujukan covid khususnya RS. Bhayangkara sehingga dapat membantu anggota Polda DIY  dan keluarganya yang terpapar covid gejala ringan," tutup Wakapolda.

Kebutuhan sehari-hari nantinya juga akan disiapkan termasuk sepuluh nakes siap melayani yang menjalani isoman. Kelengkapan shelter sangat memadahi seperti kamar mandi ada disetiap kamar, pendingin ruangan, tempat sampah, bahkan alat pemadam kebakaran juga tersedia. (Ron)