Pemkot Kendari dapat Pinjaman PEN, Wali Kota: ini Bentuk Kepercayaan 

MUS • Thursday, 8 Jul 2021 - 19:07 WIB

Kendari - Pemerintah kota Kendari bersama PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT.SMI) melakukan penandatanganan Perjanjian Pemberian Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kota Kendari Tahun 2021, yang digelar secara virtual dan diikuti langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir bersama Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar, Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, beserta sejumlah kepala OPD terkait. Berlangsung di Media Center Rujab Walikota, Kamis (8/07/2021).

Dalam momen penandatanganan perjanjian ini, perwakilan Direksi PT.SMI, Sylvi Gani menyampaikan, pinjaman perlu diberikan karena pemerintah daerah telah melakukan relokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan aspek kesehatan, sehingga, berdasarkan hasil identifikasi PT. SMI, terdapat beberapa sektor prioritas yang diusulkan melalui pinjaman daerah.

“Adapun sektor-sektor tersebut meliputi bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta bidang Kesehatan. Pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Pemberian Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional ini sebagai bentuk komitmen bersama Pemerintah Kota Kendari dengan PT. SMI dalam menangani pandemi Covid 19. Pinjaman ini juga diharapkan dapat memberikan multi player efek berupa penyerapan tenaga kerja serta manfaat sosial ekonomi lainnya yang diharapkan dapat memberikan dampak dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat Covid 19,” sebutnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. SMI yang telah menyetujui pinjaman Pemerintah Kota Kendari melalui program PEN.

"Bagi kami, hal ini merupakan bentuk kepercayaan sekaligus tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Penandatanganan ini merupakan langkah awal karena ke depannya masih banyak hal yang harus ditindaklanjuti, apalagi kerja sama dilakukan dalam waktu delapan tahun," tutur Wali Kota.

Lebih lanjut, ia juga berharap, dengan penandatanganan perjanjian hari ini, semua proses dan langkah untuk merealisasikan program yang direncanakan bisa segera ditindaklanjuti. 

“Saya mohon kepada semua OPD terkait untuk segera memproses seluruh persiapan administratif sehingga waktu yang tersisa bisa kita manfaatkan dengan baik. Kita berharap ini semua segera terealisasi dan kita bisa mendapatkan mitra yang tepat sehingga cita-cita kita di awal untuk menghadirkan fasilitas yang memadai untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Kendari bisa segera kita wujudkan," harap Wali Kota.

Sebelumnya, berdasarkan PP Nomor 23 Tahun 2020, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) adalah rangkaian kegiatan untuk pemulihan perekonomian nasional yang merupakan bagian dari kebijakan keuangan negara yang dilaksanakan oleh Pemerintah untuk mempercepat Penanganan pandemi Corona Virus Disease 20l9 (COVID 19) dan/atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan serta penyelamatan ekonomi nasional. HenQ)