Hamdan Zoelva Resmi Jabat Komisaris Utama Jakpro

MUS • Tuesday, 22 Jun 2021 - 19:29 WIB

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengangkat Hamdan Zoelva sebagai Komisaris Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau PT Jakpro.  Hal tersebut diputuskan para pemegang Saham Luar Biasa pada tanggal 15 Juni 2021 dan telah diumumkan oleh BP BUMD Provinsi DKI Jakarta pada Senin (21/6/2021).

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama Jakpro, Hamdan Zoelva adalah Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia yang keempat, periode 2013-2015. Selain itu, Hamdan juga pernah menjadi anggota DPR mewakili daerah kelahirannya, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Di parlemen, ia dipercaya menjadi Sekretaris fraksi partainya dan kemudian duduk di Badan Musyawarah (Bamus) DPR, sekaligus menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR Bidang Hukum dan Politik. Posisinya di DPR tersebut menjadikannya terlibat langsung merumuskan berbagai kebijakan negara yang penting dan strategis, termasuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden. 

Hamdan juga aktif berkecimpung di dunia hukum sebagai konsultan hukum maupun pengajar di beberapa PerguruanTinggi. Selain itu, lulusan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar ini mendapat amanah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat/Laznah Tanfidziyah Syarikat Islam (ejaan lama: Sarekat Islam).

Peraih Magister dan Doktor Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum, Universitas Padjajaran, Bandung ini juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Ia secara rutin bekontribusi di acara-acara penting, beberapa diantaranya sebagai Deputy Chairman ASEAN Moeslim Youth Sekretariat dari tahun 2002 sampai sekarang, juga sebagai Anggota Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

Bertepatan dengan hari jadi yang ke-59, Hamdan Zoelva ditunjuk sebagai Komisaris Utama Jakpro, sehingga susunan pengurus perusahaan per tanggal 21 Juni 2021, menjadi: 

Dewan Komisaris Jakpro
Komisaris Utama : Hamdan Zoelva
Komisaris : Daryanto
Komisaris : Hadi Prabowo
Komisaris : Yusmada Faizal
Komisaris : Nurmansjah Lubis

Direksi Jakpro
Direktur Utama : Dwi Wahyu Daryoto
Direktur Keuangan : Yuliantina Wangsawiguna
Direktur Pengembangan Bisnis     : Hanief Arie Setianto
Direktur SDM dan Umum : M. Taufiqurrachman 
Direktur Pengelolaan Aset    : M. Aprindy