Percepat Pemulihan Ekonomi, SehatQ Kembali Lakukan Vaksinasi Untuk UMKM dan Pelaku Usaha Perdagangan

ANP • Monday, 21 Jun 2021 - 18:57 WIB

JAKARTA - Startup di bidang health tech SehatQ kembali memberikan dukungan dalam membantu percepatan program vaksinasi pemerintah. Bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), serta dukungan dari ROHTO dan Imboost, SehatQ menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 bagi UMKM dan pelaku usaha perdagangan yang mencakupi pelayan publik serta pekerja ritel di pusat perbelanjaan QBig BSD City, Tangerang mulai 18 Juni 2021.

“Percepatan vaksinasi Covid-19 tentu sangat krusial, terutama di tengah lonjakan kasus, setelah libur panjang. Melalui program vaksinasi ini, SehatQ berharap sektor UMKM serta pelaku usaha perdagangan bisa berangsur pulih dan perekonomian masyarakat pun bangkit,” kata _Founder_ SehatQ, Linda Wijaya.

Program vaksinasi ini bukanlah yang pertama bagi SehatQ. Sebelumnya, juga berlokasi di QBig BSD City, SehatQ menghadirkan sentra vaksinasi bagi pekerja publik dan lansia, melalui kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan Kecamatan Pagedangan.

Seperti halnya program vaksinasi Covid-19 terdahulu, SehatQ kali ini memberikan dukungan dalam pendaftaran online bagi peserta, kehadiran nakes sebagai vaksinator, dan fasilitas konsultasi online melalui fitur Chat Dokter setelah vaksinasi. Target peserta program vaksinasi yang menyasar sektor UMKM serta pelaku usaha perdagangan ini adalah sebanyak 2.500 orang.

KADIN pun menilai program vaksinasi Covid-19 dengan target industri UMKM serta pelaku usaha perdagangan ini penting untuk dilakukan secara berkesinambungan di berbagai wilayah Tanah Air. Sebab, pandemi yang berlangsung sejak tahun 2020 tidak hanya berdampak pada pelaku usaha di kota besar, tapi juga hingga ke pelosok Indonesia.

“Melalui program vaksinasi Covid-19 bersama SehatQ ini, KADIN ingin membantu
pemerintah menggenjot capaian jumlah penduduk, termasuk dari sektor UMKM serta pelaku usaha perdagangan yang tervaksinasi. Dengan demikian, Indonesia pun dapat semakin dekat pada _herd immunity_ atau kekebalan kelompok,” kata Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta W. Kamdani.

Shinta mengakui, pelaku usaha telah menanti-nantikan vaksin Covid-19 ini, untuk mempercepat pemulihan operasional aktivitas bisnis. Sebab dengan vaksinasi, pelaku bisnis bisa merasa lebih aman dalam melakukan aktivitas. KADIN Indonesia yakin, program vaksinasi bagi sektor UMKM serta pelaku usaha perdagangan dapat memberikan efek positif terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Sementara itu, APPBI juga berharap upaya percepatan vaksinasi ini bisa menjadi angin segar bagi pusat perbelanjaan yang selama ini sangat terdampak pandemi. 

“Semoga program serupa bisa digelar pusat perbelanjaan lainnya di Tanah Air dan sektor ritel bisa segera pulih seperti sedia kala,” ujar Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja.  (ANP)