Anies: Akhir Pekan ini Mohon Tinggal di Rumah 

MUS • Saturday, 19 Jun 2021 - 11:58 WIB

Jakarta - Kasus positif Covid-19 meningkat drastis di DKI Jakarta. Sejumlah pengetatan aturan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies meminta masyarakat untuk tinggal di rumah saja saat Sabtu-Minggu untuk mencegah penularan Covid-19. Dia meminta tidak ada yang keluar rumah kecuali kebutuhan mendesak. 

"Gunakan Sabtu-Minggu, dua hari jeda ini untuk tinggal di rumah, bersama keluarga, jangan bepergian kecuali mendesak dan kebutuhan pokok. Terima kasih kepada semua yang menaati PPKM dan semoga ikhtiar kita #JagaJakarta bisa terlaksana," kata Anies di Instagramnya, Sabtu (19/6/2021). 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan pandemi akan selesai jika masyarakat tanggung jawab untuk mematuhi aturan PPKM. Dia berpesan semua pihak disippin protokop kesehatan. "Pandemi ini hanya akan bisa selesai bila semua orang ambil tanggung jawab mematuhi peraturan PPKM," tutur Anies.

Bersama jajaran Forkompida, Anies sudah mengecek kerumunan di Jakarta, Jumat (18/6/2021) malam. Dia melihat masih banyak pelanggaran. "Malam tadi kami masih menemukan praktik tidak bertanggungjawab dari para pengelola. Kapasitas tempat yang maksimal 50 persen dilanggar," ujarnya. 

Untuk menekan penularan, Anies meminta semua kegiatan berhenti pukul 21.00 WIB. Dia berjanji akan bertindak tegas jika ada yang melanggar.