Mesin ATM Beras jadi Terobosan Pemkot Kendari Bantu Masyarakat Prasejahtera

MUS • Tuesday, 15 Jun 2021 - 15:41 WIB

Kendari - Belum lama ini Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir melaunching perdana Mesin ATM Beras dan Telur di masjid Al Falah Kecamatan Baruga. 

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku sengaja menghadirkan mesin ATM beras dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu yang masih kesulitan ekonomi terdampak akibat  Covid-19.

Untuk tahap awal, pemasangan dilakukan di Masjid Al Falah Baruga selanjutnya di Masjid lainnya, dan terlebih dahulu dilakukan evaluasi penggunaan alat sehingga kedepan bisa berjalan dengan lancar, terutama dalam melayani masyarakat.

"Jadi program ini sasarannya adalah masyarakat kurang mampu yang ada disekitar masjid. Nanti mereka diberi ATM untuk digunakan untuk memperoleh beras dan telur. Tapi kedepannya, ada komoditas lain pengganti telur. Seperti ikan sarden dan lainnya," ungkap Wali Kota. Minggu (13/06/2021).

Wali kota yang juga Ketua DMI Kota Kendari ini menambahkan, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu, hadirnya mesin ATM di Masjid merupakan bagian dari upaya pemkot Kendari dalam mendorong peningkatan keimanan dan ketakwaan masyarakat dengan lebih cinta beribadah dimasjid.

"Kita juga ingin umat lebih dekat dengan masjid. Makanya tadi ada pemikiran untuk bagaimana umat mendapatkan beras dan telur ini diwaktu salat. Di waktu subuh, di masjid. Setelah salat baru kemudian dia ambil berasnya. Jadi nanti kita seting alatnya berasnya keluar pada subuh hari," tutup Wali Kota. 

Mesin ATM Beras yang menjadi terobosan Pemkot Kendari ini, merupakan kerjasama Pemerintah Kota Kendari bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), dimana mesin ATM tersebut rencananya akan dipasang pada 100 masjid yang ada di Kendari. Hadirnya ATM beras diharapkan dapat membantu masyarakat prasejahtera di Kota Lulo. (HenQ)