Sleman Raih Penghargaan Audit Kearsipan Eksternal 2020

MUS • Tuesday, 15 Jun 2021 - 11:39 WIB

Sleman - Penyelenggaraan kearsipan di Kabupaten Sleman kembali meraih prestasi Sangat Memuaskan (AA) dengan jumlah nilai 94,56 dan masuk dalam peringkat 10 besar tingkat Nasional. Prestasi ini berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada tahun 2020. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Plt Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, M. Taufik kepada Pemda Sleman yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Sri Wantini.

Usai menerima penghargaan, Sri Wantini mengapresiasi seluruh perangkat daerah dan semua pihak yang telah bekerja dengan baik dan profesional, sehingga mendapatkan nilai Sangat Memuaskan. 

“Penilaian Audit Kearsipan Eksternal tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya, karena komponen penilaian merupakan gabungan dari nilai Audit Kearsipan Internal (LAKI) di semua perangkat daerah sebesar 40% dan nilai audit eksternal sebesar 60%,” ujar Wantini. 

Menurut Wantini, pengawasan Esternal Kearsipan tahun 2021 akan lebih detail dibanding tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena instrument evaluasi dilakukan secara daring, sehingga dokumen yang disampaikan semua telah terpublis di media /web.  

“Pengelolaan kearsipan tidak bisa disiapkan hanya pada waktu akan diaudit, karena cakupan instrument dinilai sepanjang tahun, dan perkembangannya selalu dipantau secara langsung dari ANRI. Kita tetap semangat dan berharap pengelolaan kearsipan terus dioptimalkan di setiap perangkat daerah, sehingga tahun mendatang akan lebih baik dari tahun 2020,” pungkasnya. (Ron)