Fast & Furious 9, Dua Dekade The Fast Saga 

MUS • Friday, 11 Jun 2021 - 14:31 WIB

Genre: Action 
Sutradara: Justin Lin 
Pemeran: Vin Diesel, Michelle Rodriguez, Tyrese Gibson, Chris “Ludacris” Bridges, John Cena, Nathalie Emmanuel, Jordana Brewster, Sung Kang, Helen Mirren, Kurt Russell, Charlize Theron.  
Durasi: 2 jam 25 menit
Distributor: Universal Pictures 
Mulai tayang di bioskop Indonesia termasuk IMAX: 11 Juni 2021

Kapan pertama kali anda menonton "The Fast and The Furious"? Masih menjadi mahasiswa atau bahkan masih mengenakan seragam putih abu-abu, putih biru, putih merah? Tak terasa, edisi pertama The Fast Saga itu sudah berumur 20 tahun! 

Artinya kita telah menjadi saksi dari 10 aksi kebut-kebutan, termasuk 1 'spin-off' Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw (2019). Kini tiba saatnya "F9" - Fast & Furious 9: The Fast Saga. 

Ceritanya membuat penonton makin baper karena kembali mengeksplorasi keluarga dan masa lalu tokoh utama Dom Toretto. Nanti kita bahas alurnya tetapi elemen paling juara dari semua The Fast Saga adalah aksi kebut-kebutan yang epic. Begitu juga dengan jajaran kendaraan yang dipamerkan. Mentereng. 

Sebut saja kendaran mewah, sports car, maupun muscle car, semacam:
Noble M600 
Bugatti Veyron
Bentley Continental GT
Rolls Royce Wraith
Aston Martin Rapide 
Morgan Aero 8 
Mercedes SL McLaren. 

Semuanya bernilai jutaan dolar tepatnya Rp 25 miliaran hanya untuk salah satu adegan menuju pesta eksklusif. Sekali lagi 'menuju', sedangkan di pestanya terbaris rapi sejumlah kendaraan milik 'car enthusiast' di UK, senilai hampir Rp 103 miliaran: 

TVR Sagaris
Lamborghini Aventador SVJ
Lexus LFA
Lotus Evora
Mercedes AMG GT R
Lamborghini Countach Anniversary Edition
McLaren 7205
Apollo IE
Ferrari LaFerrari

Sementara dari koleksi tokoh utama Dom, merek Dodge selalu melekat dengannya, termasuk: original rebuilt 1327 Charger, 1970 Charger Tantrum, dan wide-body terbaru 2020 Charger SRT Hellcat. 

Di pihak lawan, seperti dalam kenyataannya, Dodge diadu dengan Ford Mustang, yang dikendarai salah satu antagonis. Hasil modifikasi performa tertinggi 2016 Ford Mustang GT350 dengan supercharged V8, mesin 640-horsepower, menjadi mobil muscle Amerika yang dipilih langsung oleh sutradara Justin Lin.

Belum lagi jenis tunggangan lainnya: Off-road ATVs, sepeda motor Yamaha YZ250F, Harley Davidson Iron, truk militer semacam Armadillo, dan kendaraan high-end dari Jepang: 2020 Toyota GR Supra, dan Mazda RX-7. Kenapa mobil negeri matahari terbit ikut meramaikan "F9"? Karena ada kejutan dari sana.

Cukup bahas otomotifnya, langsung saja nikmati selengkapnya di layar lebar. Sekarang tentang ceritanya.

Tidak peduli seberapa cepat Anda, tidak ada yang 'ngebut lebih cepat dari masa lalu mereka.
Dom Toretto (Vin Diesel) menjalani kehidupan yang tenang di luar dunia menumpas kejahatan, bersama Letty dan putranya, little Brian. Tetapi Dom dan Letty tahu, bahaya selalu mengintai dalam kedamaian mereka.

Kali ini, ancaman itu akan memaksa Dom untuk menghadapi dosa masa lalu, jika dia ingin menyelamatkan orang yang paling dia cintai. Awaknya bergabung bersama untuk menghentikan rencana menghancurkan dunia, yang dipimpin oleh pembunuh bayaran paling terampil dan pengemudi jagoan. Dia adalah Jakob Toretto, saudara Dom dan Mia Toretto. 

Saudara yang hilang itu harus bersaing mendapatkan elemen penting untuk mengendalikan data digital di seluruh dunia. Masalahnya, elemen itu terpisah di dua tempat, sehingga memaksa Dom dan kawan-kawan berpencar. Dari London ke Tokyo, dari Amerika Tengah ke Edinburgh, dan dari bunker rahasia di Azerbaijan hingga jalan-jalan Tbilisi di Georgia, yang padat.

Tim Mia Toretto dan Letty ditugaskan pergi ke Jepang menelusuri tempat kematian teman lama Han (The Fast and the Furious: Tokyo Drift) yang juga jadi salah satu petunjuk dalam misi. Mereka berhasil bertemu Han dengan segala latar belakangnya. 

Selain cerita emosional, elemen komedi juga berhasil dipertahankan tokoh Tej dan Roman, yang terus mempertanyakan kematian di tengah aksi menantang maut.

"F9" kembali disutradarai Justin Lin, yang pernah terlibat dari edisi ketiga sampai enam. Sepanjang perjalanan film ini, teman lama akan dibangkitkan, musuh lama akan kembali, sejarah akan ditulis ulang, dan makna keluarga yang sebenarnya, akan diuji tidak seperti sebelumnya. Kita diajak kembali mengikutinya dengan segala aksi kebut-kebutan yang wah. (MAR)