Bantu Penyaluran Bagi Korban Banjir, Mensos Berikan Penghargaan Bagi Dua Personel Polisi

FAZ • Monday, 7 Jun 2021 - 12:38 WIB

Jakarta  – Kementerian Sosial RI memberikan penghargaan pada dua personel Polres Demak yang membantu saat terjadi banjir 8-14 Februari 2021.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di depan ruang kerja Mensos di lantai 2, Senin (7/6/2021) pagi.

Kedua personel kepolisian tersebut, yaitu Kompol Didi Dewantoro, Waka Polres Demak dan Iptu R. Ade Triken Deayomi, Kasat Sabhara Polres Demak.

Penghargaan diberikan atas dedikasi dan loyalitas membantu korban banjir, berupa penyelenggaraan dapur umum dan penyaluran bansos di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

“Kami merasa sangat bangga telah diundang dan menerima piagam penghargaan yang diberikan langsung oleh Ibu Menteri Sosial,” ucap Kompol Didi.

Hal sama diungkapkan Iptu Triken karena merasa bangga atas penghargaan yang diberikan oleh Mensos. “Saya bangga dan ini sangat spesial,” tutur Iptu Triken.

Didi bercerita saat terjadi bencana pada Februari 2021, Kemensos bekerja sama dengan Polres Demak menyalurkan bantuan sosial terhadap para korban banjir.

“Saat itu di Kecamatan Sayung, kami bersinergi menyalurkan bantuan bagi para korban bancana seperti selimut, paket sembako, serta paket untuk bayi,” katanya.

Pada saat bertemu dengan Mensos, Didi mendapatkan pesan dari Mensos agar terus mengabdikan diri bagi masyarakat, terutama yang terdampak bencana alam.

“Ibu Mensos tadi berpesan agar terus mengabdi dan langsung hadir di tengah masyarakat terutama terdampak bencana kapan pun dibutuhkan,” terangnya.

Ke depan, jajaran kepolisian akan melakukan langkah-langkah penanggulangan atau saat terjadi bencana dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kendati sudah pindah ke Polres Tegal, dari sudut kepolisian selalu petakan titik rawan dan potensi dampak bencana bersama instansi seperti Pemda dan Kemensos sosialisasi pada warga terkait antisipasi bencana yang bersifat tahunan,” katanya.

Juga, Didi menandaskan bahwa pihaknya berkoordinasi bila terjadi bencana dan membantu menyalurkan bantuan dari Kemensos pada warga yang terdampak.

“Dengan bantuan yang diberikan bagi warga terdampak bencana, maka warga akan merasakan kehadiran negara melalui Kemensos dan Kepolisan,” pungkasnya.