BMKG Gandeng FMIPA UI, Tingkatkan Terobosan Sains-Tekonologi

ANP • Sunday, 6 Jun 2021 - 08:12 WIB

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia atau FMIPA UI menandatangani Kerja Sama Penempatan Peralatan, Penelitian Bersama, Dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia. Penandatanganan kerjasama dilakukan di Gedung Laboratorium Multidisiplin FMIPA UI, Sabtu, (05/06/2021).

“Penandatanganan kerja sama ini merupakan inovasi untuk mendorong kemandirian. Saat ini BMKG, melalui para millenial yang ada di BMKG, serta adik-adik Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, telah berhasil membuat peralatan pemantau cuaca otomatis yang telah dipasang di beberapa Bandara di Indonesia,” ucap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno, yang diwakili Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Mohamad Muslihhuddin dan Dekan FMIPA UI, Rokhmatullah. Perjanjian kerja sama  ini merupakan implementasi dari Nota Kesepakatan Bersama antara UI dan BMKG tentang Pemanfaatan Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang digelar pada 4 Juli 2017. 

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi penempatan peralatan satu set Automative Weather Station (AWS) dan satu Accelerograph Non Colocated, satu unit Seismik Borehole, dan satu unit display cuaca, di Laboratorium Parangtopo, FMIPA UI, Depok. Serta penelitian bersama untuk pemanfaatan data hasil pengukuran peralatan, peningkatan sumber daya manusia, dan seminar bersama di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

“Tentunya kami senang dapat mendorong civitas akademika FMIPA UI ikut bergabung bersama tim BMKG untuk mengembangkan peralatan pengamatan meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Dengan begitu kedepannya  BMKG dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap pihak asing dalam menyediakan peralatan pengamatan meteorologi, klimatologi, dan geofisika,” tambah Guswanto.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FMIPA UI, Rokhmatullah mengapresiasi kerja sama ini. Dia menyebut kerja sama dengan BMKG ini berupaya meningkatkan sinergi antara FMIPA UI dengan BMKG, sekaligus pengembangan ilmu dan pengetahuan dan teknologi terkait ilmu meteorologi, klimatologi, dan geofisika. 

“Kerja sama ini diharapkan mampu menghasilkan terobosan-terobosan yang signifikan dalam perkembangan sains dan teknologi untuk mendukung pembangan nasional,” pungkas Rokhmatullah. (ANP)