Keluar dari Zona Nyaman, A Quiet Place Part 2 Sajikan Aksi yang Lebih Intens dan Mencekam

FAZ • Tuesday, 25 May 2021 - 19:50 WIB

Genre: Horror, Sci-fi, Thriller
Sutradara: John Krasinski
Pemeran: Emily Blunt, John Krasinski, Cillian Murphy, Millicient Simmonds, Djimon Hounsou
Durasi: 1 jam 37 menit
Distributor: Paramount Pictures
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 26 Mei 2021


Siapa sangka pemeran Jim Halpert di sitkom The Office mampu menciptakan salah satu film horror modern paling berkesan dan meledak di beberapa tahun belakangan. Barangkali A Quiet Place, yang disutradarai sekaligus diperankan oleh John Krasinski, bisa jadi salah satu film horror modern paling unik yang pernah ada. Bagaimana tidak, sejak kemunculan film pertama, A Quiet Place mampu menembus stigma film horror thriller konvensional yang brutal dengan berbagai suara latar mencekam.

Bahkan, kemunculannya di tahun 2018, A Quiet Place dinilai mampu bersaing dengan genre psychological-horror yang sedang naik daun, sebut saja Hereditary milik Ari Aster, Get Out besutan Jordan Peele, atau bahkan si badut seram IT, karya novelis Stephen King.

A Quiet Place 2 (Part 2), melanjutkan kesuksesan sekuel pertama yang menuai reaksi positif dari penggemar film horror-thriler. Film yang dibenci para penggemar action ini, mengambil hati para penonton dengan tetap mempertahankan ciri khas film bisu, namun tetap mencekam tanpa perlu embel-embel suara latar seram.

Berbeda dari film pendahulunya, A Quiet Place 2 memiliki latar tempat yang lebih luas. Kali ini keluarga Abbot keluar dari zona nyaman di film pertama, dan berkelana mencari tempat baru untuk berlindung. Namun, jika pada film sebelumnya lebih banyak adegan bisu, kali ini adegan bisu dan aksi memiliki porsi yang kurang lebih sama.

Film dibuka dengan adegan sebelum terjadinya bencana invasi monster. Lee Abbott (John Krasinski) yang diceritakan masih hidup, pada waktu itu sedang mampir ke toko kelontong untuk membeli kudapan, saat televisi di toko menampilkan ledakan besar di Shanghai. Kilas balik ini menampilkan maestro Peaky Blinders, Cillian Murphy (Emmet), yang diceritakan sebagai sahabat dekat keluarga Abbot. Pada saat serangan monster berlangsung secara tiba-tiba, kedua keluarga terpisah, hingga adegan berlanjut ke akhir film pertama.

Keluarga Abbot yang hanya tersisa Evelyn (Emily Blunt) bersama ketiga anaknya Marcus (Noah Jupe), Regan (Millicent Simmonds) dan si Bayi, berhasil lolos dari serangan monster di rumahnya. Namun, mereka memutuskan untuk meninggalkan rumah dan mencari tempat berlindung yang lebih aman. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan Emmet, yang bertahan hidup seorang diri selama ini.

Masih dengan hening yang sama, setiap gerakan dan suara tiba-tiba dalam A Quiet Place 2  mampu membuat penonton ragu-ragu membaca situasi yang akan datang. Kabar baiknya, bagi yang kurang bisa menikmati film pertama karena terlalu hening, kali ini, Krasinski seakan memperbaiki situasi bisu, hanya untuk mempertahankan fokus penonton dan memberikan skena mencekam yang lebih intens.

Selain itu, adegan emosional juga beberapa kali disematkan untuk membawa penonton lebih menjiwai situasi yang dialami karakter. Sisi keibuan Emily Blunt, momen pemberani Noah Jupe dan Millicent Simmonds, serta peran dingin Cillian Murphy seakan mempertahankan plot drama dari film ini. Penonton juga akan dimanjakan dengan adegan aksi yang makin lama makin meningkat sejak pertengahan film.

A Quiet Place 2 jadi salah satu film yang wajib di tonton, terlebih buat penonton sekuel pertama dan penggemar horror-thriller. Film ini dapat disaksikan di Cinema XXI, termasuk IMAX untuk menikmati ‘jump-scare’ yang lebih epik, mulai 26 Mei 2021. Bagi yang menyaksikan, patuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan tidak berpindah tempat saat menonton ya!

(TIO)