Yakin Jakarta Segera Bangkit dari Pandemi, Anies: Kota ini Terlatih Hadapi Tantangan 

MUS • Monday, 24 May 2021 - 12:24 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih tema Jakarta Bangkit dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-494. Dia optimistis kegiatan sosial, ekonomi, dan budaya kembali bangkit tahun ini. 

"Jadi Tahun lalu kita dalam masa ujian yang relatif tantangannya baru. Jakarta pernah melewati beberapa bencana di wabah seperti kemarin ya," kata Anies di akun YouTube Pemprov DKI, Senin (24/5/2021).  

Anies menambahkan, di tahun ini dia melihat Ibu Kota akan bangkit. Baik dari ekonomi, sosial maupun dari budaya. "Tahun ini kita mulai membayangkan sebagai tahun dimana kita mulai bangkit ke depan. Kegiatan perekonomian mulai meningkat, aktivitas sosial meninggi aktivitas kebudayaan kembali bermunculan," tutur Anies. 

Anies juga menganalogikan apa yang terjadi di Jakarta setahun terakhir seperti penampilan sendratari di awal pembukaan acara pencanangan HUT DKI ke-494.  Penampilan itu menunjukan perjuangan warga Jakarta dalam menghadapi Pandemi Covid-19 di tahun 2020. 

"Dan tadi kalau dibilang sendratari itu mengilustrasikan betul masa di mana kita ceria berkegiatan tidak lama datang serombongan virus yang kemudian menjangkiti semuanya. Lalu muncul secara bertahap imunitas kolektif lewat vaksinasi, lewat imunitas yang pernah terinfeksi menjadi imun," tutur Anies.  

Mantan Mendikbud itu optimistis Jakarta akan segera bangkit dari keterpurukannya paska diserang oleh Covid-19. 

"Inilah kita mulai bangkit. Kami berkeyakinan Jakarta mulai bangkit dan Jakarta besok justru Jakarta yang baik dan bangkit dari sebelum pandemi. Karena kita terlatih menghadapi tantangan yang tidak kecil ini," tutur Anies.