Presiden: Berikan Tempat Terbaik Bagi Produk UMKM Indonesia

AKM • Thursday, 20 May 2021 - 14:32 WIB

Yogyakarta - Pemerintah  mengupayakan melakukan sosiualisasi dan pemberdayaan UMKM dalam menciptakan produk yang diminati masyarakat. Langkah yang dilakukan untuk menekan impor ini, diantranya dengan mengelaar sebuah acara seperti Festival Joglosemar.

Presiden Joko Widodo resmi membuka Festival Joglosemar bertajuk 'Artisan Of Java' di Candi Borobudur, Yogyakarta. Festival ini merupakan Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada 2021.

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan, semua pihak harus terlibat dan ikut bergerak dalam GNBI. Khususnya untuk memastikan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tuan rumah di pasar nasional.

“ Tempat terbaik bagi UMKM kita untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya," ujar Jokowi saat membuka Festival Joglosemar secara virtual, Kamis ( 20/5/ 2021).

Menurut Jokowi, komitmen tersebut bisa dilakukan dengan mendorong produk-produk UMKM dipasarkan di area-area-strategis. Salah satunya di tempat perbelanjaan atau mal.

“Tempatkan produk UMKM di etalase terdepan pusat perbelanjaan," tegas Presiden.

Jokowi meminta area-area publik dan transportasi umum yang dikelola Pemerintah dan BUMN gencar mempromosikan produk UMKM. Sehingga, tidak hanya pasar nya saja terbuka, tapi daya saingnya juga bisa meningkat.

"Produk umkm harus lebih banyak mengisi airportrest area dan tempat-tempat wisata tempat strategis lainnya," ungkapnya.

Jokowi optimis pemulihan ekonomi nasional bisa terkaselerasi. Kemudian, pertumbuhan ekonomi pun bisa merata dan UMKM bisa jadi tulang punggung ekonomi nasional di masa depan.

"Bukan di Festival Joglosemar saja, tapi kebangkitan produk dalam negeri pasar nasional dan kompetitif di pasar global dan UMKM naik kelas," ungkapnya.