HUT Ke-190 Kota Kendari Berlangsung Sederhana, Tetap Patuhi Prokes Covid-19

MUS • Sunday, 9 May 2021 - 20:45 WIB

Kendari - Genap 190 Tahun usia Kota Kendari, hari ini Minggu, 9 Mei 2021 perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari berlangsung dalam upacara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yang diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokopimda), Kepala OPD camat dan lurah serta beberapa pejabat secara angsung maupun secara daring (online). Hal ini dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Kendari. 

Sebagai Inspektur upacara Wali Kota Kendari H. Sulkarnain kadir dalam pidatonya memaparkan sejumlah hal yang telah dilakukan pemerintah Kota Kendari di masa kepemimpinannya bersama wakilnya dr. Hj. Siska Karina Imran.

Wali kota menyebut ada tujuh hal yang telah dilakukan pemkot diantaranya, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2020 sebesar 83,53 atau berada pada peringkat lima se Indonesia. Meningkatnya angka harapan hidup tahun 2020 menjadi 73,77 tahun. Menurunnya angka kemiskinan sebesar 0,1 persen sehingga menjadi 4,43 persen tahun 2020.

"Pada sektor infrastruktur dasar terus dioptimalkan diantaranya, luas genangan air dapat dikurangi dari 1.725 hektare tahun 2019, berkurang menjadi 458,43 hektare pada tahun 2020," katanya. 

"Kawasan kumuh dikurangi secara periodik dari 275,2 hektare tahun 2019. turun menjadi 227,10 hektare di tahun 2020," lanjutnya. Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari juga berhasil mempertahankan opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2020.

Selain itu Wali Kota juga menyampaikan mengenai pembangunan peningkatan kualitas infrastruktur PDAM Kota Kendari, pembangunan jalan Inner Ring Road, penataan dan Pengurangan Kawasan Kumuh, penataan wisata kawasan teluk, peningkatan ruang terbuka hijau, pembangunan sarana dan prasarana pemerintahan, peningkatan cakupan penerangan jalan umum dan lingkungan, penanganan banjir, pemberian bantuan sosial dan jamkesda pada masyarakat miskin, pembangunan dan peningkatan Ruang Kelas Belajar (RKB), pemberdayaan UMKM, dan investasi daerah.

Wali Kota menyadari bahwa semua capaian-capaian tersebut tidak lepas dari dukungan dan kerja sama antara Pemkot Kendari dengan masyarakat.

“Penghargaan juga saya berikan kepada segenap warga Kota Kendari yang telah memberikan kontribusi nyata sehingga berbagai program kegiatan fisik maupun sosial dapat berjalan sesuai dengan arah kebijakan pembangunan yang ditetapkan dalam visi misi pembangunan yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi,” ungkapnya.

Usai Upacara, Wali Kota Kendari juga menandatangani kerjasama penggunaan kendaraan listrik bekerjasama dengan PT. Hyundai. Nantinya Pemkot akan menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional. 

Penggunaan mobil listrik akan secara bertahap diberlakukan untuk mengganti semua kendaraan dinas (randis) kepala organisasi perangkat daerah lingkup Pemkot Kendari. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi misi Kota Kendari sebagai daerah layak huni berbasis ekologi, informasi dan teknologi, yang diharapkan akan menjadi salah satu langkah strategis dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi ini, sekaligus sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas kesehatan melalui lingkungan hidup yang berbasis polusi dan ramah lingkungan.

Perayaan HUT ke-190 Kota Kendari ini juga diisi dengan penyerahan penghargaan pada wajib pajak, beasiswa serta pemenang lomba kelurahan. 

Rangkaian HUT kota Kendari ini Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Forkopimda menyerahkan bantuan pada petugas posko pengawasan mudik disejumlah titik di Kota Kendari.
Selanjutnya ditutup dengan Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Kota Kendari. (HenQ)