Dukung Sarana Intermoda Kota Surabaya, Mensos Resmikan Jembatan Sawunggaling

FAZ • Saturday, 1 May 2021 - 23:14 WIB

Jakarta -  Menteri Sosial Tri Rismaharini meresmikan Jembatan Sawunggaling, hari ini. Mensos menyatakan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk meresmikan jembatan.

"Saya terima kasih diundang peresmian ini, yang mana saya bukan wali kota Surabaya. Sebetulnya konsep ini adalah konsep yang teman-teman lihatnya hanya jembatan. Tapi sebetulnya ini konsep untuk penanganan masalah intermoda, keterpaduan moda di Kota Surabaya, " kata Mensos di Surabaya.

Ia menekankan, jembatan ini bukan sekedar sarana penghubung. Namun merupakan sarana untuk mengatasi interkoneksi melalui konsep intermoda.
" Dulu rencananya juga ada trek, dan kemudian ketemu di lantai dua dan kemudian ketemu dengan bus. Sehingga kalau beralih moda akan  memudahkan pergerakan warga, " katanya.

Kemudian jembatan ini juga membantu warga mengakses ke tempat parkir dan terminal ini, juga Surabaya arah barat. Dalam perencanaan awal,  sebenarnya juga ada rencana menghubungkan ke tempat lain." Tapi karena pandemi COVID-19 kita nggak punya uang," katanya.

"Terminalnya memang konsepnya untuk antarmoda, jadi ada trem, ada bus dan ada angkot. Menghubungkan warga bisa menyeberang dari sini, " katanya.

Jembatan ini juga menjadi lokasi strategis terhubung dengan  kebun binatang. Ia berharap parkir pengunjung kebun binatang bisa di lokasi tersebut karna lokasinya lebih luas.

Di situlah kemudian ini berfungsi sebagai terminal penghubung antarmoda. "Di sini bisa naik angkot, kemudian naik bus antarkota bisa di sini naik bus,"  katanya.