Pasar Lebaran Sleman, Upaya Gerakkan Borong Bareng Produk UMKM Lokal

MUS • Friday, 30 Apr 2021 - 13:33 WIB

Sleman - Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri, Pemkab Sleman mengadakan kegiatan Pasar Lebaran, dengan tema “Ayo Borong Bareng Produk UMKM Sleman”. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berkesempatan membuka langsung sekaligus meninjau pelaksanaan kegiatan di Sleman City Hall, pada Kamis (29/4).

Pasar Lebaran diselenggarakan selama 4 hari, dari Kamis sampai Minggu (29 April s/d 2 Mei 2021) bertempat di Area Garden Sleman City Hall.

“Tujuan penyelenggaraan Pasar Lebaran 2021 ini adalah menjaga keberlangsungan  usaha akibat pandemi yang berkepanjangan, meningkatkan penjualan produk sekaligus sebagai ajang pembinaan dan pendampingan bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sleman,” kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam masa pandemi ini adalah dengan meningkatkan promosi, baik secara offline maupun online. Dengan adanya keterbatasan pertemuan antar manusia sebagai dampak pandemi covid 19, maka harus dibackup melalui promosi digital.

Dalam hal ini Pemkab Sleman telah menjalin kerjasama pemasaran digital dengan start up seperti Gojek dan Grab. “Harapannya tentu akan mendorong kemudahan bagi konsumen untuk membeli produk Sleman,” tambahnya.

Penyelenggaraan Pameran tersebut sudah memenuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran dari Satgas Covid Kab Sleman, yakni dilaksanakan di tempat terbuka. Maka pilihan lokasi pameran ini dilaksanakan di pusat perbelanjaan yang cukup memadai fasilitasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sleman Drs. Pustopo menjelaskan kegiatan pasar lebaran kabupaten Sleman tahun 2021 diikuti kurang lebih 141 UMKM, dan diramaikan dengan berbagai kegiatan seperti Bazar, Fashion and Craft, flora, lomba, kelas merawat anggrek, talk show, live music, dan sembako murah bagi masyarakat.

Peserta pasar lebaran kabupaten Sleman 2021 adalah pelaku UMKM binaan pemerintah kabupaten Sleman yang tergabung dalam forum komunikasi (FORKOM), UMKM 17 kapanewon se-kabupaten Sleman, HIPPI, dan komunitas perupa Sleman dengan jumlah stand sebanyak 100 buah. (Ron)