Sah, Presiden Jokowi Lantik Mendikbud-Ristek, Menteri Investasi dan Kepala BRIN

MUS • Wednesday, 28 Apr 2021 - 15:30 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri dan satu kepala badan di jajaran Kabinet Indonesia Maju. Di antaranya adalah Nadiem Makarim sebagai Mendikbud dan Ristek, Bahlil Lahadiala sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 72/P/2021 tentang Pembentukan dan Pengubahan Kementerian serta Pengangkatan Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Kemudian, Keppres Nomor 19/M/2021 tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Di mana, Jokowi menunjuk Laksono Tri Handoko sebagai Kepala BRIN.

"Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa jabatan periode 2019-2024, terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara, apakah saudara-saudara beragama Islam? Bersediakah saudara-sudara diambil sumpah menurut agama Islam? Apabila demikian harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya," ucap Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (28/4/2021).

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala Peraturan Perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," tutur Presiden Jokowi yang diikuti para jajaran Kabinet Indonesia Maju.