Aan Anita: Kartini Jakarta Sebagai Penggerak Ekonomi Keluarga DKI dan Ketahanan Pangan Lestari

FAZ • Tuesday, 27 Apr 2021 - 16:22 WIB

Jakarta – Semangat membangun demi tercapainya Indonesia yang tak hanya sehat dan berintegritas namun juga memiliki kekuatan ekonomi serta ketahanan pangan, diterjemahkan oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta melalui penguatan kaum perempuan yang berdaya guna bagi keluarga dan masyarakat. Demikian yang disampaikan Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Jakarta Aan Anita di Poktan Jatinegara, Jl. Cipinang Raya, Jakarta Timur, Selasa (27/4/2021).

Kegiatan bertajuk Kartini Masa Kini Peduli Lingkungan yang diusung DPW PKS DKI Jakarta ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini 21 April, Hari Bumi 22 April dan Hari Lingkungan Hidup 5 Juni mendatang. Acara yang digagas oleh BPKK, Bidang Ekuintek dan Lingkungan Hidup, Bidang Petani Nelayan (BTN) dan Humas DPW PKS DKI Jakarta ini turut menghadirkan tokoh-tokoh perempuan penggiat lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat yang patut dijadikan sebagai contoh perempuan yang sukses menjadi penggiat di wilayah ibu kota.

Menurut Aan, gagasan kegiatan peduli lingkungan hidup ini bukan hanya merupakan bentuk kegiatan penghijauan semata namun juga tentang bagaimana para Kartini Jakarta dapat turut berpartisipasi menguatkan ekonomi rumah tangganya masing-masing,

"Hal ini tentang bagaimana mereka bisa menjaga lingkungan hidup sekaligus meningkatkan ekonomi keluarga DKI dan ketahanan pangan lestari," ujarnya.

"Hari ini melalui DPD PKS, kami akan memberikan bantuan 500 bibit tanaman  yang akan disebar di lima wilayah Kota Jakarta," tambahnya lagi.

Dalam acara yang juga disiarkan melalui streaming YouTube dan laman Facebook resmi PKS DKI Jakarta, Aan mengajak kaum perempuan untuk terus berpartisipasi aktif untuk Jakarta yang lebih baik.

"Perempuan wajib peduli terhadap lingkungan. Mari mengadakan kegiatan-kegiatan penghijauan dan menjadikan rumah berbasis kegiatan ekonomi," jelas Aan sembari mengambil contoh perekonomian berbasis lingkungan hidup seperti memilah sampah, membersihkan botol, mengelola minyak jelantah, serta menanam bibit sayuran dan buah.

Acara yang merupakan bagian rangkaian Gerakan Nasional Indonesiaku Hijau yang digagas PKS ini turut hadir memberikan sambutan Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Abdul Aziz, Aleg DPRD Dapil V Fraksi PKS Nasdiyanto, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari PKS Abdurrahman Suhaimi, Camat Jatinegara Endang Sofyan, Lurah Cipinang Muara Edy Sofyan Latief, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Timur Yuli Apsari juga hadir para Ketua BPKK DPD PKS Se-DKI Jakarta yang menerima ratusan bibit pohon dan tanaman dan tidak lupa jajaran Deputi Ketahan Keluarga BPKK PKS DKI Jakarta yang dikomandoi oleh Sugiyanti.