Panglima TNI Pastikan Seluruh Awak Nanggala 402 Gugur

MUS • Sunday, 25 Apr 2021 - 18:20 WIB

Jakarta -  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali gugur. Nasib ke 53 prajurit diketahui berdasarkan hasil citra bawah air secara visual menggunakan kamera.

"Dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI saya menyatakan bahwa 53 personel yang onboard di KRI Nanggala 402 telah gugur. Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat menjalankan tugas di perairan utara Bali," kata Hadi dalam konferensi pers, Minggu (25/4).

"Atas nama prajurit dan keluarga besar TNI, selaku panglima saya sampaikan rasa duka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan yang maha besar memberikan keiklasan, kesabaran dan ketabahan," lanjut Hadi.

Sementara itu KSAL Laksamana Yudo Margono mengatakan KRI Nanggala telah ditemukan di perairan Bali, sekitar 1.500 yard ke Selatan dari letak tenggelamnya kapal pertama kali dengan kedalaman 838 meter.

Dia menyebut bahwa KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian.

“Terdapat bagian-bagian KRI Nanggala. Jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian yang tadi disampaikan panglima TNI,” pungkasnya.