UTBK Gelombang Pertama Digelar Hari ini, LTMPT: Persiapan Sudah Matang!

Mus • Monday, 12 Apr 2021 - 12:22 WIB

Jakarta – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama diselenggarakan mulai hari ini, Senin (12/04/2021) hingga 18 April mendatang. Ketua Eksekutif Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan penyelenggaraan UTBK ini dengan matang.

“Persiapan penyelenggaraan sudah kita lakukan jauh-jauh hari seperti web survei, serta meninjau fasilitas-fasilitas yang berada di pusat-pusat UTBK, sehingga bisa dikatakan kita (LTMPT-red) sudah siap 100 persen sebagai pelaksana,” ujar Budi saat diwawancara oleh Trijaya Hot Topic Pagi edisi Senin, (12/04/2021).

Budi menjelaskan ada sedikit permasalahan penyelenggaraan UTBK yang berkaitan dengan badai seroja yang meluluhlantakan Nusa Tenggara Timur beberapa hari lalu.

“Ada sedikit permasalahan di pusat UTBK Undana (Universitas Nusa Cendana) NTT yang kita ketahui baru saja mengalami musibah badai Seroja, tetapi untuk di daerah lain semua sudah benar-benar siap seperti server, dan komputernya,” tutur Budi.

Terkait dengan kebijakan mengenai pencegahan covid-19, Budi menjelaskan wewenang pembuat kebijakan seperti persyaratan untuk peserta UTBK dan lain-lain, berada pada satgas di daerah masing-masing.

“Dari 74 pusat UTBK yang kita miliki, sekitar 15 pusat UTBK mensyaratkan hasil test negative covid. Jadi sistemnya, pusat UTBK melaporkan bahwa lokasi mereka akan menjadi tempat pelaksanaan ujian, dan meminta persetujuan penyelenggaraan dengan protokol kesehatan yang ketat ke Satgas Covid di daerah masing masing,” tutup Budi. (Kuh)